Tunggu Haji 13 Tahun

Kamis 28-03-2013,11:52 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

RATU SAMBAN, BE - Daftar tunggu calon jemaah haji di Kota Bengkulu pada tahun 2013 semakin panjang. Masyarakat yang mendaftar tahun ini baru bisa berangkat 13 tahun mendatang atau pada tahun 2026 nanti. \"Jumlah para pendaftar yang kita terima hingga saat ini ada 4.078 orang. Kalau mendaftar hari ini, hitungan kita baru tahun 2026 bisa berangkat,\" kata Kepala Kemenag RI Kota Bengkulu Drs H Zainal Abidin MH melalui Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umrah H Effendi Joni SAg, kemarin.

Panjangnya antrean ini, lanjutnya, mengingat pemberangkatan haji merujuk pada aturan sebelumnya yakni 1/1.000 jumlah penduduk. Maka kuota haji yang diperoleh Kota Bengkulu hanya sekira 305 orang.  Kuota ini sesuai dengan jumlah penduduk Kota Bengkulu yang verifikasinya telah diumumkan BPS sekitar 313.324 jiwa. \"Makanya kami mengusulkan ada penambahan kuota sehingga daftar tunggu haji bisa lebih cepat,\" urainya.

Dijelaskan Effendi, faktor yang memicu lamanya waktu tunggu seseorang berangkat haji karena tingginya minat masyarakat untuk ibadah haji seiring dengan lonjakan jumlah penduduk yang semakin meningkat dari tahun ketahun. \"Sementara kuotanya hanya menambah sedikit bahkan cenderung turun,\" tukasnya.

Ditambahkannya, pihaknya akan menerima siapapun yang mendaftar haji. Namun ia memastikan para pendaftar harus berasal asli dari Kota Bengkulu. Sebab, pihak Pemda Kota akan melakukan verifikasi terhadap identitas sang calon jamaah haji sebelum diberangkatkan. \"Pihak Pemda akan melakukan verifikasi. Kalau ditemukan adanya jamaah eksodus, maka akan dicoret. Kalau masih ada yang lolos, berarti itu mungkin kelengahan dari pihak mereka. Tapi sementara tahun ini kami belum menemukannya,\" tegasnya. (009)

Tags :
Kategori :

Terkait