Bupati Dapat Gelar Adat

Rabu 27-03-2013,15:45 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENTENG, BE - Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) segara meluncurkan program kerjanya. Salah satu program itu pemberian gelar adat kepada Bupati H. Ferry Ramli, SH.MH  dan isteri Ny Elvita Ferry.

\"Kita tengah merancang nama gelar yang akan dianugerahkan kepada Pak bupati dan isteri. Penganugerahaan itu dilakukan sekitar Bulan Mei mendatang,\" ujar Ketua BMA Benteng,Drs.H. BJ Karneli.

Hanya saja, nama gelar adat untuk orang nomor satu di Bumi Maroba Kite Maju ini masih digodok, dikaji dan dibahas oleh BMA lebih lanjut. Kemudian, baru diplenokan. Acara penganugerahannya dilakukan sekitar bulan Mei mendatang atau sebelum perayaan puncak HUT Benteng Bulan Juni mendatang.

Menurutnya, pemberian gelar adat itu hanya diperuntukan bagi bupati dan isteri secara khusus. Sementara, Wabup, Sekkab, Ketua DPRD dan lainnya, hanya disebutkan gelar adatnya saja, namun tidak dilakukan acara seremonial adatnya. Hal itu, untuk memperkecil jumlah anggaran yang dikeluarkan. \'\'Tujuan pemberian gelar adat itu, hanya untuk menghidupkan kembali tradisi yang sudah mulai luntur ditengah - tengah masyarakat,\'\' katanya.

Pemberian gelar adat itu merupakan tradisi dari nenek moyang, leluhur dan para orang tua di Benteng. Hal ini dapat dijadikan pendidikan bagi kaum muda atas sejarah adat di daerah ini. Saat ini tradisi adat ini mulai luntur ditengah masyarakat. Bahkan, pada zaman saat ini banyak yang tidak mengerti soal adat istiadat. (111)  

Tags :
Kategori :

Terkait