Mungkin Anda Belum Tahu, Inilah Fungsi Knalpot Pada Mobil

Rabu 25-10-2023,17:49 WIB
Reporter : Asep
Editor : Rajman Azhar

Cara Merawat Knalpot Pada Mobil

Merawat knalpot perlu dilakukan agar knalpot tidak mudah karat dan akhirnya menimbulkan kebocoran sehingga menimbulkan bunyi yang tak sedap di telinga. 

Perawatan bisa dilakukan dengan meneteskan oli ke dalam lubang knalpot. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan oli sekitar 500 ml. Sebelum meneteskan oli ke dalam knalpot nyalakan dulu mesin mobil.

Setelah itu berikan oli, nantinya knalpot akan mengeluarkan asap putih, sebagai hasil pemuaian. Ini akan membersihkan sirkulasi knalpot. 

Jangan lupa juga untuk selalu panaskan mobil setiap hari. Cara ini membuat knalpot tetap bekerja sehingga sisa pembakaran atau kotoran yang masih ada dalam pipanya, dapat bersih. Hal ini membuat knalpot tidak gampang karat.

BACA JUGA:Benarkah Obat Sakit Kepala Sembuhkan Aki Soak? Ini Penjelasan Ahlinya

Cek drainase knalpot. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada genangan air pada sistem knalpot. Fungsi drainase pada knalpot untuk menahan air yang masuk ke dalam silencer tidak tergenang. 

Untuk menjaga knalpot tetap awet, Anda bisa menyemprotkan cairan penghilang karat lalu gosok dengan amplas, sehingga knalpot tetap bersih dan kinclong. Namun jangan terlalu sering menggunakan cairan penghilang karat karena sifatnya abrasif. (*)

Kategori :