Knalpot Mobil Keluar Asap Putih? Coba Lakukan Ini

Knalpot Mobil Keluar Asap Putih? Coba Lakukan Ini

Ilustrasi knalpot mobil berasap -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mungkin Anda pernah mengalami momen ketika mesin mobil dinyalakan dan tiba-tiba asap putih mengepul dari knalpot. Sejenak, Anda merasa bingung dan khawatir. 

Apakah ini pertanda buruk? Memang, asap berwarna putih yang keluar dari knalpot mobil bukanlah hal yang bisa dianggap remeh. Ini bisa menjadi tanda adanya masalah serius yang memerlukan perhatian dan penanganan segera.

BACA JUGA:Mengenal Macam dan Fungsi Sabuk Pengaman Mobil

Penyebab Umum Keluarnya Asap Putih pada Knalpot Mobil

Terdapat 7 hal yang menyebabkan asap berwarna putih keluar dari knalpot mobil Anda. Ada apa saja?

1. Sisa Air Tertinggal di Saluran Knalpot

Saat Anda mencuci mobil atau pada saat hujan deras, air bisa saja masuk dan tertinggal di saluran knalpot. Ketika mesin dinyalakan, air ini akan menguap dan menghasilkan asap berwarna putih. 

Meski ini bukanlah penyebab masalah serius, tetapi Anda tetap perlu memperhatikannya. Pastikan untuk mengeringkan mobil dengan baik setelah mencuci dan lebih berhati-hati saat mengendarai di tengah hujan deras.

BACA JUGA:Beli Mobil Baru atau Bekas? Ini Pertimbangannya

2. Kebocoran Air Pendingin

Air pendingin berfungsi untuk menjaga suhu dan kinerja mesin agar tetap optimal. Namun, jika terjadi kebocoran dan air pendingin masuk ke dalam silinder, knalpot akan menghasilkan asap berwarna putih saat mesin dinyalakan.

Kebocoran ini bisa disebabkan oleh kerusakan pada kepala silinder atau gasket kepala silinder. 

3. Kebocoran Oli Menuju Kompartemen Pembakaran

Oli berfungsi untuk melumasi dan mendinginkan komponen mesin. Namun, asap berwarna putih akan keluar dari knalpot jika terjadi kebocoran dan oli ini masuk ke dalam kompartemen pembakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: