Pahami, Penyebab Bocor dan Kapan Harus Ganti Knalpot

Rabu 25-10-2023,12:12 WIB
Reporter : Asep
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Knalpot mobil merupakan salah satu komponen penting yang perlu dijaga, karena memiliki fungsi untuk membuang sisa pembakaran mesin. 

Jika kondisinya kurang baik, maka hal tersebut dapat berpengaruh terhadap kinerja dari komponen lainnya.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab bocornya knalpot yang sebaiknya Anda ketahui. Berbagai ciri kebocoran pun penting untuk dipahami, supaya bisa mendeteksi kerusakan sedini mungkin.

Kebocoran knalpot dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari faktor usia hingga berbagai kerusakan lainnya. Berikut merupakan penjelasan lebih lanjut tentang penyebab kebocoran yang sebaiknya Anda pahami.

BACA JUGA:Benarkah Obat Sakit Kepala Sembuhkan Aki Soak? Ini Penjelasan Ahlinya

1. Faktor Usia Pakai

Faktor pertama yang dapat menjadi penyebab kebocoran knalpot yaitu karena usia pakainya. Seperti berbagai komponen mobil lainnya, performa dari knalpot dapat mengalami penurunan seiring berjalannya waktu dan pemakaian.

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi usia pakai knalpot yaitu kualitasnya. Semakin baik kualitasnya, maka usia pakainya cenderung akan lebih panjang.

2. Knalpot Retak atau Bolong

Penyebab kedua yaitu ketika ada bagian yang mengalami keretakan atau bahkan bolong. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor usia, namun bisa juga karena faktor perawatan atau pemakaian yang kurang baik, misalnya karena terkena gesekan.

3. Karat atau Korosi

Karena terbuat dari bahan besi, maka knalpot merupakan komponen yang cukup rentan terhadap risiko karat atau korosi. Hal ini dapat menjadi penyebab kebocoran knalpot, terlebih jika Anda tinggal di kawasan pantai atau sekitar laut.

BACA JUGA:Bukan Cuma Cewek, Ternyata Aki Juga Bisa Keputihan

4. Terjadi Kebocoran Pada Paking Knalpot

Penyebab umum yang selanjutnya yaitu karena terjadi kebocoran pada bagian paking knalpot.

Kategori :