Budidaya Bawang Terkendala

Sabtu 23-03-2013,11:07 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP, BE - Kabut menjadi sala satu kendala budidaya bawang merah dan bawang putih di Kabupaten Rejang Lebong (RL). \"Kalau dari ketinggian wilayah RL sudah memenuhi syarat untuk budidaya bawang, hanya saja kondisi kabut menjadi salah satu tantangan petani dalam membudidayakan bawang, karena cukup mempengaruhi tanaman,\" terang Kepala Dinas Pertanian Kabupaten RL Ir. Redha Kusmartono kepada Bengkulu Ekspress, Jum\'at (22/3).

Tanaman Bawang, sambung Redha, merupakan salah satu komoditi pertanian yang cukup penting keberadaannya bagi masyarakat Indonesia, sehingga sempat harganya melambung tinggi karena keterbatasan barang.  \"Namun saat ini kita mengupayakan budidaya bawang daerah Desa Air Bening Kecamatan Bermani Ulu Raya,\" ungkapnya.

Sebagai salah satu komoditi unggulan, Redha menegaskan, pemerintah pusat menyatakan kesiapan membantu untuk daerah yang ingin membudidayakan tanaman bawang tersebut.

\"Petani kita harus disiapkan lebih dahulu, hanya saja memang kekurangan bawang hasil produksi di RL memiliki rasa yang berbeda dari tanaman bawang asal pulau Jawa,\" tutur Redha. (999)

Tags :
Kategori :

Terkait