Perhatikan 3 Hal Ini Agar Bisa Retur Produk Beli di Shopee

Jumat 06-10-2023,15:04 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Jamal Maarif

BENGKULUEKSPRESS.COM - Retur produk saat membeli di Shopee sebenarnya tidak diinginkan terjadi bagi mayoritas pembeli. Terutama bila kondisinya sedang sangat membutuhkan produk tersebut dan tidak bisa bila harus menunggu waktu lama untuk mendapatkannya.

Tapi, namanya pembelian secara online di Shopee tidak selalu memperoleh produk sesuai keinginan. Ada kemungkinan harus mengembalikan karena produk yang dipesan ternyata kondisinya rusak atau tidak sesuai.  Sayangnya, tidak semua seller bisa menerima segala jenis pengembalian barang yang sudah dipesan. Agar bisa retur ketika membeli produk di Shopee, sebaiknya perhatikan 3 hal berikut ini:

BACA JUGA:Jumat Kliwon: Sabar dan Murah Hati, Tidak Pernah Kekurangan Teman!

1. Memahami Kebijakan Toko Mengenai Layanan Retur

Hal penting pertama, sebelum memesan produk, pahami terlebih dahulu kebijakan toko mengenai layanan retur. Setiap toko mempunyai kebijakan berbeda-beda. Ada yang sudah mengklaim tidak menerima layanan retur. Ada yang menerapkan kebijakan ongkos pengiriman barang retur dibebankan kepada pihak pembeli. Untuk meminimalisir kesalahpahaman, sangat penting mencari tahu kebijakan toko terkait hal ini.

Bila mereka tidak memberikan informasi aturan retur produk saat membeli di Shopee di toko mereka, tanyakan melalui fitur chat. Kalaupun ternyata setelah produk yang dipesan sampai alamat tujuan dalam kondisi baik dan tidak perlu retur, minimal kamu sudah berantisipasi.

BACA JUGA:BKPSDM Kota Bengkulu Gelar Pendampingan Aplikasi e-Kinerja BKN

2. Memvideo Proses Unboxing Paket

Mayoritas seller di Shopee, menerapkan aturan mengenai keharusan memvideo paket saat membuka atau melakukan proses unboxing. Nantinya video ini bisa dijadikan bukti nyata bahwa memang barang dalam kondisi tidak sesuai pesanan atau mengalami kerusakan.

Bahkan pada bagian depan paket biasanya sudah ada tulisan wajib video unboxing. Dan ada tambahan catatan tanpa video tersebut, komplain mengenai kekurangan atau kerusakan tidak akan diterima. Jadi, sebagai antisipasi, sebaiknya jangan lupa untuk memvideonya.

BACA JUGA:Ini Dia 3 Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari, yang Perlu Kamu Tau

3. Mengikuti Prosedur Retur yang Benar

Hal penting terakhir, ikuti prosedur yang benar supaya nantinya memberikan hasil sesuai keinginan. Untuk melakukan retur, kamu hanya perlu menekan tombol bertuliskan Ajukan Pengembalian pada aplikasi Shopee, lalu ikuti langkah-langkahnya.

Akan ada beragam prosedur yang harus diikuti. Mulai dari pengajuan pengembalian, melampirkan bukti video unboxing dan foto produk, proses pengembalian barang, paket sudah diterima seller hingga pengembalian dana. Pastikan pelampiran bukti video dan foto sesuai ketentuan.

BACA JUGA:5 Cara Ampuh Hilangkan Biang Keringat pada Wajah

Kategori :