Begini Cara Merawat Agar AC Mobil Tahan Lama

Selasa 03-10-2023,14:59 WIB
Reporter : Jos Hendri
Editor : Rajman Azhar

5. Jaga kebersihan filter kabin

Filter kabin merupakan sebuah saringan udara yang letaknya ada di dalam mobil. Pada mobil buatan Jepang atau Korea, bisanya filter kabin ini dipasang pada blower dari sistem AC dan terletak pada bagian belakang laci dashboard.

Pada dasarnya, fungsi filter kabin ini adalah untuk mencegah agar debu atau kotoran tidak dapat masuk dengan evaporator.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan filter kabin juga diperlukan. Namun dengan seiring waktu pemakaian, filter kabin ini biasanya akan menjadi kotor.

Jika memang kondisinya sudah tidak baik, maka kamu juga perlu mengganti filter kabin agar AC bisa bekerja optimal dan tetap mampu mendinginkan ruang kabin.

6. Jangan mematikan AC dalam jangka waktu yang lama

Cara merawat AC mobil yang selanjutnya adalah tidak mematikan AC dalam kondisi yang sangat lama. Beberapa orang memilih untuk tidak menggunakan AC dengan alasan untuk menghemat bahan bakar.

Padahal, pada kenyataannya AC bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros saat AC disetel pada suhu yang paling rendah dalam jangka waktu yang lama.

Oleh karena itu, jika kamu ingin agar AC bisa awet maka gunakan AC secara normal dan jangan mematikannya dalam durasi yang lama.

Saat AC mobil jarang atau bahkan tidak pernah digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka akan muncul endapan debu pada seluruh bagian saluran pendingin.

Selain itu, memastikan AC dalam jangka yang lama juga bisa mempengaruhi kualitas udara di dalam kabin mobil ketika mobil dipakai kembali.

Jadi, agar AC bisa tetap bekerja optimal ada baiknya jika kamu tetap menggunakan AC seperti biasanya. Selain itu kamu juga bisa memanaskan mesin mobil sambil menyalakan AC sekitar 5-10 menit selama minimal satu kali dalam seminggu.

Melalui cara ini, kamu bisa mencegah gas pendingin freon tidak mengendap serta menjaga sirkulasi udara di dalam kabin mobil.

7. Gunakan AC dengan benar

Cara menggunakan AC mobil yang salah juga dapat mempengaruhi performanya. Kesalahan paling umum yang sering dilakukan oleh pengemudi mobil adalah langsung menyalakan AC ketika suhu kabin dalam kondisi panas setelah terparkir di luar ruangan.

Jika hal tersebut dilakukan, maka AC mobil akan bekerja kerjas untuk mendinginkan suhu kabin. Untuk mengatasinya, maka sesaat setelah masuk ke dalam mobil maka langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum menyalakan AC adalah membuka seluruh jendela.

Kategori :