Mau Tenang Internetan Pakai HP? Gunakan VPN Saja, Begini Cara Pasangnya

Minggu 27-08-2023,21:00 WIB
Reporter : Dian Panca
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM- Ketika anda berseluncur di dunia maya menggunakan HP, maka riwayat atau informasi penelusuran anda akan berbekas dan bisa diketahui orang lain.

Untuk menghindari hal tersebut biasanya orang memasang Virtual Private Network atau sering disebut VPN diHP nya. Hal itu berguna untuk menghindarkan diri dari peretas yang bisa menyusup ke laptop atau ponsel Anda.

Penggunaan VPN dapat sedikit memberi keamanan lebih, bahkan bisa melewati filter jaringan tertentu, saat berseluncur menggunakan internet yang terkoneksi oleh jaringan Wifi publik.

Dilansir The Verge, VPN menciptakan koneksi terenkripsi yang aman antara perangkat Anda dan sebuah server pribadi sehingga aktivitas Anda tidak terlacak oleh pengguna lain.

BACA JUGA:Tak Harus Matikan Data Total, Berikut Ini Cara Mudah Matikan Data Hanya untuk WhatsApp

Namun yang perlu diingat, aktivitas Anda di dunia maya tetap bisa terbaca oleh penyedia VPN itu sendiri. Maka dari itu, kecermatan memilih VPN sangatlah dibutuhkan.

Cara tersebut bisa dimulai dari dengan tidak begitu saja memasang VPN gratis. Pasalnya, mereka mungkin akan memonetisasi Anda dengan cara yang tidak Anda inginkan, alih-alih menerapkan biaya resmi.

Lantas, bagaimana memasang VPN di ponsel Anda. Simak caranya di bawah ini.

Cara Memasang VPN di Android

Langkah pertama sama dengan di iPhone. Pergilah ke Google Play Store untuk mencari aplikasi VPN pilihan Anda.

BACA JUGA:Sinyal Wifi di Rumah Anda Lemah? Begini Cara Menguatkannya

- Pergi ke Settings > Network & Internet > Advanced (opsi lanjutan) > VPN. Jika Anda tidak melihat "Network & Internet" di menu Settings (yang tergantung dari opsi pada Android Anda), lakukan pencarian di dalam Settings for VPN. Kemudian pilih tombol "Add".

- Jika Anda menyetelnya di ponsel baru, atau Anda tidak atau belum mengatur passowr pengunci layar, Google akan mengingatkan Anda untuk melakukan hal itu terlebih dahulu. Lakukan hal tersebut.

- Sekarang, buat profil VPN Anda. Tambahkan nama VPN, tipe, dan alamat server lalu klik "Save".

- Anda akan dibawa kembali ke layar VPN, di mana Anda akan bisa melihat nama VPN Anda sekarang.

Kategori :