BENGKULUEKSPRESS.COM - Para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang menjalankan seluruh operasinya di WhatsApp saat ini akan dapat membuat, membeli, dan menayangkan iklan Facebook atau Instagram secara langsung di dalam aplikasi WhatsApp Business.
Hal ini disampaikan oleh Public Policy Manager WhatsApp Indonesia, Esther Samboh dalam acara WhatsApp MSME Summit 2023.
"Kita menyediakan produk yang harapannya bisa mengembangkan UMKM yang ada di Indonesia secara digital, dan dapat berkontribusi lagi terhadap penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi," ucapnya.
BACA JUGA:Meskipun Bisa Membuktikan HP Telah Dibongkar oleh Pembeli, Seller Tokped Tak Mendapatkan Kompensasi
BACA JUGA:Marak Penipuan Modus Sniffing, OJK Himbau Masyarakat Pengguna M-Banking Waspada
WhatsApp pun memungkinkan lebih dari 200 juta pengguna aplikasi WhatsApp Business untuk membuat iklan Facebook dan Instagram. Kita pun dapat membuat iklan tanpa memerlukan akun Facebook.
Sehingga, para pelaku UMKM tidak perlu memiliki akun Facebook. Namun, tetap dibutuhkan alamat email untuk melakukan konfirmasi pembayaran untuk menggunakan fitur tersebut.
Lebih lanjut, terkait fitur baru tersebut Esther menjelaskan, ketika seseorang mengeklik iklan, iklan tersebut akan membuka chat di WhatsApp sehingga mereka dapat mengajukan pertanyaan, menelusuri produk, dan melakukan pembelian.
Iklan ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mendorong calon pelanggan mengirim pesan kepada mereka di WhatsApp dan cara ini akan membuka peluang baru bagi bisnis kecil yang hanya menggunakan WhatsApp dan membutuhkan cara yang lebih sederhana untuk mulai beriklan.
Selain itu, ketika bisnis kecil menemukan pelanggan baru, mereka harus memiliki alat yang dapat membantunya terhubung dengan pelanggan secara cepat dan mudah dalam skala besar.
"Mulai saat ini, kami akan mulai melakukan uji coba fitur baru dalam aplikasi WhatsApp Business, di mana bisnis kecil akan memiliki opsi untuk mengirim pesan yang dipersonalisasi kepada pelanggan mereka seperti pengingat janji temu, ucapan selamat ulang tahun, atau bahkan informasi tentang diskon musim liburan dengan cara yang lebih cepat dan efisien," jelas Esther.
Fitur baru ini akan memberikan kemampuan kepada bisnis untuk mengirimkan pesan pribadi berisi nama pelanggan dan tombol ajakan bertindak yang dapat disesuaikan ke daftar pelanggan tertentu seperti mereka yang memiliki label khusus. (**)