Beras, Daging dan Bawang Melambung

Jumat 15-03-2013,15:07 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

ARGA MAKMUR, BE-Harga tiga jenis bahan pokok di pasar Arga Makmur, Bengkulu Utara (BU) kini mulai melambung. Harga beras biasanya Rp 13 ribu per kilogram menjadi Rp 15 ribu per kilogram. Daging biasanya Rp 70 ribu per kilogram menjadi Rp 90 per kilogram. Dan bawang merah naik dari Rp 20 ribu per kilogram menjadi Rp 50 ribu per kilogram.

Sementara itu, harga lainnya seperti minyak sayur, tepung, harga ayam, cabe, dan telur juga merangkak naik. Tapi tidak terlalu signifikan, keinakan hanya dalam kisaran Rp 1000 hingga Rp 3 ribu. Kadisperindag Bengkulu Utara (BU), Ir H Yarmidal MM menjelaskan perubahan harga Sembako di pasaran tersebut bukan karena serta merta dari Perindag. Namun, sudah ada edaran dari nasional terkait hal tersebut. Sehingga di pasaran sudah mulai merangkak naik. Yang diketahui harga bawang merah memang sangat  meroket dibandingkan dengan harga bawang putih yang tidak terlalu mahal.

\"ini memang secara nasional harganya naik. Mau tidak mau kita juga sebarkan kepada distributor dan pedagang. Mahalnya harga sembako ini diharapkan tetap dapat memenuhi kebutuhan warga, dan harga ini meroket bukan karena kita yang menetapkannya,\" jelas Yarmidal.

Sementara untuk kenaikan harga tersebut, diungkapkannya pula disebabkan kondisi cuaca yang sudah mulai memasuki musim kemarau. Sehingga hasil produksi yang menurun dan memang keterbatasan stok yang harus disamaratakan. Salah seorang pedagang ayam potong, Dewi (42) warga sudah mengeluhkan kisaran harga ayam yang mulai naik ini, sehingga menurutnya untuk pembeli sedikit berkurang, \"Biasanya saya jam 10.00 WIB sudah pulang. Tapi sekarang jam 12.00 wib baru bisa pulang. Kami pedagang tidak tau kenapa harga ayam dan lainnya naik, karena dari distributor yang naikkan harga, jadi otomatis berdampak pula kepada pedagang,\" ujarnya.

Senada juga diungkapkan, Sri (50) pedagang beras asal Kemumu, mengatakan harga beras memang saat ini sedang naik. Karena saat ini para petani masih dalam tahap tanam dan masuk musim kemarau ini petani sulit untuk tanam karena pengairan sawah yang minim. \"Mau tidak mau kita harus naikkan harga beras ini, apalagi pasokan beras mulai berkurang. Tapi tidak mengurangi minat pembeli karena sembako merupakan bahan pokok masyarakat luas,\" singkatnya. (117) Kenaikan Harga 3 Bahan Pokok Barang                     Harga Normal (Rp)        Harga Sekarang (Rp)

Beras                        13.000 /kg                        15.000 /kg Daging                      70.000 /kg                      90.000 /kg Bawang merah     20.0000 /kg                    50.000 / kg

Tags :
Kategori :

Terkait