Bansos Atensi Disalurkan di Bengkulu Selatan, 100 Warga Terima Paket Sembako dan Kursi Roda

Jumat 31-03-2023,16:51 WIB
Reporter : renald
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kemensos kembali mencairkan bantuan sosial (Bansos) di Provinsi Bengkulu tepatnya di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Sebanyak 100 orang warga kabupaten tersebut menjadi penerimanya. Bansos yang diterima adalah Bansos Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI). 

Bansos tersebut ditujukan 100 Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). Bantuan dari Kemensos RI tersebut disalurkan Sentra Darma Guna (SDG) di rumah dinas Bupati BS, Kamis (30/3).

Bantuan yang disalurkan SDG senilai total RP Rp. 142.863.480, yang merupakan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI), Penyaluran bantuan tersbut merujuk pada Peraturan Mentri Sosial (Permensos) Nomor 7 tahun 2021, sebagaimana yang telah diubah melalui Permensos nomor 7 tahun 2022 tentang Asistensi Rehabilitasi Sosial.

BACA JUGA:Bansos BLT Lansia Tahap 2 2023 Akan Cair, Cek Segera Penerimanya

“Sentra Dharma Guna di Bengkulu melaksanakan penyaluran bantuan ATENSI berdasarkan asesmen terintegrasi pada tahun 2022 yang telah dilakukan verifikasi dan validasi data sebelumnya,” ujar Kepala SDG Bengkulu, Syam Wuryani yang hadir langsung menyerahkan bantuan kepada PPKS di BS.

Lebih lanjut, Syam Wuryani menjelaskan bantuan ATENSI yang diberikan tersebut berupa paket sembako, nutrisi, perlengkapan perawatan diri, alat permainan edukatif (APE), dan alat bantu aksesibilitas. Bantuan tersebut disebarkan di 11 kecamatan di BS berdasarkan hasil asesmen terintegrasi pada tahun 2022.

“Bantuan yang disalurkan berupa paket sembako, yaitu 50 Orang Penyandang disabilitas per Kabupaten, 30 Orang Lansia, 10 orang anak dan 10 Orang Kelompok Rentan per Kabupaten. Ditambah bantuan aksesibilitas untuk penyandang disabilitas berupa 5 unit kursi roda adaptif dan biasa,” lanjutnya.

BACA JUGA:Daftar Bansos yang Siap Cair Bulan April 2023, Cek Nama Kamu di sini

SDG dalam menyalurkan bantuan Atensi di BS dilakukan selama 3 hari, yaitu dari tanggal 29-31 Maret 2023. Untuk hari pertama Tim SDG telah menyalurkan bantuan di Kecamatan Pino dan Kecamatan Ulu Manna dan kemudian penyerahan bantuan dilanjutkan secara simbolis di Rumah Dinas Bupati BS. Hadir langsung Bupati BS, Gusnan Mulyadi SE MM didampingi Wakil Bupati (Wabup) BS dan unsur FKPD BS, camat dan kepala desa (Kades) se Kabupaten BS beserta PPKS.

“Penyaluran bantuan ATENSI ini sendiri selain dilakukan dengan cara dikumpulkan di satu titik. Bantuan PPKS juga diberikan secara langsung door to door. Pada hari ke tiga nanti akan disalurkan di Kecamatan Kedurang, Kecamatan Air Nipis, Kecamatan Seginim dan Kecamatan Pino Raya,” sambungnya.

Di tempat yang sama, Gusnan Mulyadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada SDG di Bengkulu yang merupakan perpanjangan tangan dari Kemensos RI yang telah hadir di tengah masyarakat BS dengan memberikan perhatian dan menyalurkan bantuan kepada warga yang membutuhkan.

“Semoga dengan adanya bantuan ini dapat menjadi semangat bagi para penerima bantuan untuk berkembang, karena kekurangan dapat menjadi kelebihan apabila dimanfaatkan dengan baik,” sampai Gusnan.

BACA JUGA:Modal KTP dan KK Ciri ini Dapat Bantuan 3 Bansos Ramadan, Cek Segera!

Salah satu penerima bantuan warga Desa Padang Bindu, Kecamatan Kedurang Ilir, Rindi mengaku sangat senang karena menerima bantuan kursi roda dari SDG Bengkulu. Atas bantuan yang diterimanya tersebut dirinya mengucapkan terima kasih kepada SDG Bengkulu, Pemkab BS dan Dinas Sosial BS, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kedurang Ilir Iwi Anita bersama tim pendata yang lainya.

Kategori :