Daftar Bansos yang Siap Cair Bulan April 2023, Cek Nama Kamu di sini

Daftar Bansos  yang Siap Cair Bulan April 2023, Cek Nama Kamu di sini

ilustrasi bansos-(foto: ari defriansyah/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Memasuki akhir bulan Maret 2023 masyarakat khususnya para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ramai yang mencari informasi terkait pencairan bantuan sosial (bansos). bansos ini akan digulirkan lagi mulai dari bulan April 2023.

Bansos 2023 masih terus disalurkan karena sudah menjadi program andalan dari pemerintah untuk mengatasi masalah kemiskinan di Indonesia. Masyarakat yang terdaftar akan menerima Bansos yang disalurkan pada bulan April 2023 ini.

Berikut ini daftar bansos yang akan dicairkan di Bulan April 2023:

BACA JUGA:Catat ini! Syarat Lengkap Pengajuan KUR BRI 2023 Terbaru, Bisa Pengajuan Online dan Offline

1. PKH Tahap 2

Setelah pencairan tahap 1 yang berlangsung dari Januari hingga Maret 2023, pemerintah akan segera menyiapkan kembali tahap berikutnya dari bansos Program Keluarga Harapan (PKH), yaitu PKH tahap 2.

PKH adalah program bansos yang pencairannya berupa uang tunai untuk sejumlah kategori KPM tertentu yang memenuhi syarat serta terdaftar di DTKS.

Kategori tersebut antara lain balita dan ibu hamil yang mendapatkan masing-masing Rp 750.000 per tahap, penyandang disabilitas dan lansia mendapatkan masing-masing Rp 600.000, serta kategori anak sekolah yang masing-masing bantuan per tahapnya adalah anak SD sebesar Rp 225.000, anak SMP sebesar Rp 375.000, dan anak SMA sebesar Rp 500.000.

Bansos PKH tahap 2 kemungkinan akan cair mulai April hingga Juni 2023.

BACA JUGA:Nama Tercantum di cekbansos.kemensos.go.id Tapi Belum Dapat Bansos, Ini Penyebab dan Langkah Penyelesaiannya

2. BPNT

BPNT merupakan singkatan dari Bantuan Pangan Non-Tunai. Bansos ini cair dalam bentuk uang tunai sebesar Rp200.000 per bulan yang digunakan masyarakat untuk membeli kebutuhan bahan pokok sehari-hari.

Pada bulan Maret, BPNT baru cair sebesar Rp400.000, yang mana nominal tersebut adalah pencairan BPNT hanya untuk 2 bulan, yakni bulan Januari dan Februari.

Maka dari itu, bulan April diprediksi akan cair juga untuk edisi Maret yang masih tertunda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: