PT Asdam Jaya Kena Tegur

Selasa 26-02-2013,15:37 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

ARGA MAKMUR, BE - Kebun sawit warga Gunung Selan seluas 1 Ha yang terkena limbah PT Asdam Jaya. Diakui BLH adanya pencemaran lingkungan di lokasi itu. Pasalnya perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan batu kali tersebut membuang limbahnya ke sungai Air Lais yang melewati perkebunan sawit. Tidak hanya kebun yang menjadi rusak air sungai pun ikut tercemar.

Kepala BLH Nirzawan MM mengatakan sudah memberikan tindakan dengan memberikan surat teguran kepada perusahaan untuk segera mengurus izin perusahaan tersebut yang diketahui PT tersebut belum memiliki izin dan akan mencemarkan lingkungan.\"Teguran sudah kita lakukan. Mereka (PT Asdam Jaya) kita minta segera membangun penampungan limbah permanen agar limbah perusahaan tak menyebar lagi ke sungai mengingat sungai tersebut digunakan warga,\" kata Nirzawan.

BLH juga sudah menurunkan tim untuk mengambil sampel air di sungai itu. Hal itu untuk mengetahui apakah sudah tercemar apa belum. Proses uji sampel ini berlangsung selama lima hari.\"Uji sampel menjadi hal yang mendasar berkaitan soal dugaan pencemaran lingkungan,\" jelasnya.

Jika dari hasil pengujian limbah itu ditemukan pencemaran di sungai,  maka akan segera ditindak lanjuti secara langsung. Walaupun penindakan yang dilakukan belum sampai penutupan operasi perusahaan, akan tetapi diberhentikan sementara. \"Kita akan cek dulu dan tunggu hasilnya, jika memang terjadi mereka harus bertanggung jawab, dan di stop sementara,\" tukas Nirzawan. (117)

Tags :
Kategori :

Terkait