Untuk Pengendalian Pertanian, Seluma Siapkan 8,95 Ton Pestisida

Jumat 08-01-2021,21:25 WIB
Reporter : Dang Haijir
Editor : Dang Haijir

TAIS, bengkuluekspress.com - Dalam rangka pengendalian hama tanaman di Kabupaten Seluma. Saat ini Dinas Pertanian Kabupaten Seluma menyediakan sebanyak 8,59 Ton pestisida. Yang akan digunakan untuk membasmi hama penyakit tamanan padi, cabe serta tanaman petani lainnya di Kabupaten Seluma.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial SP, M.Si mengatakan bahwa dari jumlah stok sebanyak 8,59 ton pestisida tersebut terdiri dari 9 jenis pestisida. Diantaranya untuk wereng, ulat, walang sangit, kemudian jamur, tikus, serta beberapa hama lainnya.

\"Jadi kami sudah siapkan pestisidanya. Kemudian jika kami menerima laporan adanya hama dari masyarakat. Maka langsung petugas turun dan memberikan penanganan untuk membasmi hama. Mengguankan pestisida yang ada,\" tegasnya siang kemarin.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pertanian mengatakan pestisia tersebut terdiri dari fungisida untuk membasmi jamur, kemudian Insektisida untuk membasmi serangka. Serta rodensida untuk membasmi hama tikus. Sehingga ada beberapa jenis pestisida yang saat sudah di stok oleh Dinas Pertanian Kabupaten Seluma. Untuk membasmi hama penyakit tamana milik masyarakat petani di Kabupaten Seluma.

Menurutnya pengadaan pestisida tersebut bersumber dari anggaran dana insentif daerah (DID). Sebesar Rp 60 juta. Serta bersumber dari dana APBD Seluma sebesar Rp 58 juta. Kemudian, untuk penyalurannya sendiri akan melibatkan petugas pengendali organisme pengganggu tanaman (PPOT). Dengan demikian setelah ada laporan, kemudian PPOT akan melakukan penelusuran ke lapangan. Serta memberikan penanganan dengan membawa pestisida yang akan digunakan untuk membasmi hama tanaman. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait