Haji, Kemenag Seluma Tunggu Instruksi

Jumat 08-01-2021,21:15 WIB
Reporter : Dang Haijir
Editor : Dang Haijir

TAIS, bengkuluekspress.com - Terkait masalah ibadah haji tahun 2021 ini, sampai saat ini Kemenag Seluma masih menunggu instruksi dari Kementerian Agama. Mengenai kepastian apakah ada pemberangkatan atau tidak. Meskipun dari informasi sementara saat ini, Arab Saudi sudah membuka untuk ibadah haji tahun 2021 ini.

\"Sebanyak 172 CJH yang batal diberangkatkan tahun 2020 kemarin, sampai saat ini mereka sudah siap. Kemudian juga mereka sudah menyelesaikan pembayaran biaya perjalanan ibadah haji (BPIH). Sehingga jika dibuka tahun ini, para CJH tinggal mengikuti tahapan persiapannya,\" tegas Kakan Kemenag Seluma, Drs H Mulya Hudori MPd.

Dijelaskan, bahwa yang jelas untuk saat ini semua persiapan ibadah haji dari Kabupaten Seluma sudah dipersipkan. Termasuk calon jemaah haji (CJH) sebanyak 172 orang juga sudah siap. Sejauh ini, bahwa apakah para CJH yang akan diberangkatkan harus divaksin covid-19 atau tidak. Saat ini juga masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat. Jika memang diharuskan, maka pastinya akan dilakukan vaksin terlebih dahulu. Sehingga seluruh CJH asal Seluma tidak terpapar Covid-19.

\"Apakah harus divaksin atau tidak, semuanya tergantung keputusan dari kementerian. Jika memang akan divaksin, maka akan kami sampaikan pemberitahuan kepada seluruh CJH Selima nantinya,\" tegasnya.

Kemenag Seluma juga berharap bahwa tidak ada lagi penundaan pemberangkatan ibadah haji. Sehingga tidak menambah daftar tunggu (waiting list). Karena jika tahun ini kembali batal. Maka jumlah waiting list bertambah. Serta lamanya menunggu pemberangkatan juga bertambah. Hanya saja, ada instruks terbaru yakni di masa pandemi Covid-19 ini, untuk CJH yang sudah berusia lanjut, diberangkatkan belakangan. Serta diprioritaskan CJH yang masih muda.

\"Kalau sebelumnya CJH yang usia lanjut diprioritaskan. Tapi untuk saat ini tidak, karena yang usia lanjut sangat rentan terpapar Covid-19,\" pungkasnya. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait