Tanam Tumbuh Sebabkan Gangguan Listrik

Selasa 29-12-2020,20:49 WIB
Reporter : Dang Haijir
Editor : Dang Haijir

TAIS, bengkuluekspress.com - Hingga saat ini, Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Tais Kabupaten Seluma, selalu disalahkan jika terjadi matinya aliran listrik. Padahal sebagian besar gangguan dan padamnya listrik itu disebabkan karena gangguan tanam tumbuh yang ada di sepanjang jaringan listrik menuju Seluma.

\"Gangguan lima puluh kali disebabkan tanam tumbuh yang merusak kabel listrik, ataupun cuaca. Kemarin juga terjadi tiang listrik yang roboh akibat cuaca, bulan ini saja sudah terjadi sebanyak empat kali,\" tegas Manajer PLN ULP Tais, Redho Hermawan, kepada wartawan.

Dijelaskan, dengan kejadian tanam tumbuh ini jelas pelayanan listrik ikut terganggu dan ini tidak ada disengaja. Bahkan berdasarkan catatan dari PLN ULP Tais, selama Desember puluhan ganguan terjadi akibat gangguan terjadi di gardu induk maupun di gardu hubung. Gangguan terdiri dari 3, di gardu induk, dan 50 kali di gardu hubung.

\"Listrik kita di Seluma ini disuplai dari dua daerah, yakni dari Kota Bengkulu dan dari Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan,\" tegasnya

Khusus di daerah terpencil seperti kawasan Padang Capo hingga Sinar Pagi juga kerap mengalami kendala, ditambah lagi akses jalan yang rusak parah ditambah lagi tanam tumbuh juga banyak.

\"Suplai listrik pertama di Bengkulu jaraknya 60 kilometer, dari Bengkulu Selatan jaraknya 80 Km,\" jelasnya.

Sementara itu Redho juga meminta masyarakat untuk turut membantu bila ada tumbuhan, yang menganggu jaringan listrik. Pasalnya tumbuhan yang menganggu paling sering menjadi penyebab listrik yang gangguan.

\"Kami minta warga desa untuk merelakan, jika terdapat tumbuhan yang mengganggu jaringan listrik untuk dibersihkan, agar tidak menjadi penyebab gangguan listrik,\" jelasnya. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait