BMKG Bengkulu: Waspada Gelombang Tinggi, Capai 5 Meter

Kamis 10-09-2020,15:29 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Badan Meterorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu memberikan peringatan dini mengenai potensi gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di Bengkulu hingga 3 hari kedepan.

Kepala BMKG Bengkulu Klaus Damanik Apoh mengatakan potensi gelombang tinggi itu berkisar antara 4 meter hingga 5 meter, dan berlaku sejak 10 September hingga - 12 September mendatang.

\"Selama tiga hari kedepan gelombang laut tinggi hingga mencapai 4 M di perairan Bengkulu dan Mencapai 5 M di perairan Enggano hingga Samudera Hindia Barat Bengkulu,\" terang Klaus di Bengkulu, saat dihubungi awak media, Kamis (10/9).

Gelombang tinggi tersebut, kata Klaus dipengaruhi arah angin dari tenggara dengan kecepatan tinggi. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah Bengkulu, yang perlu diwaspadai masyarakat dipesisir pantai yang kesehariannya bekerja sebagai nelayan.

\"Kalau bisa dengan adanya prediksi gelombang ini, masyarakat yang kesehariannya sebagai nelayan kita minta untuk tidak dulu melaut,\" tegas Klaus.

Terlebih, tambah Klaus, saat ini sudah memasuki musim peralihan dari musim kemarau yang memasuki musim hujan. Maka yang harus diwaspadai karena musim hujan gelombang akan tinggi.(HBN)

Tags :
Kategori :

Terkait