Galian C Ilegal Ditertibkan

Kamis 21-02-2013,14:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

ARGA MAKMUR, BE - Galian C ilegal yang berada di sungai Air Nokan Desa Gunung Selan akan segera penertiban. Pasalnya galian tersebut merupakan tidak memiliki izin operasi dari pemerintah daerah. Selain itu, keberadaanya menjadi sorotan masyarakat desa setempat.

Kadistamben Ramadanus SE MM mengatakan bahwa adanya penambangan  di desa itu menyalahi aturan dan mengakibatkan kerusakan sungai tersebut. \"Aktifitas galian C ileggal itu sudah mengancam terjadinya abrasi sungai dan kerusakan lingkungan,\" kata Ramadanus.

Diduga bukan hanya di lokasi itu saja ada penambangan ilegal. Di beberapa lokasi lainnya masih beroperasi praktek penambangan ilegal lainnya. Terkait hal itu pemerintah daerah akan melakukan pendataan ulang di sejumlah wilayah yang memiliki lokasi galian C. \"Akan segera kita tertibkan jika memang ilegal. Jika ijinnya tidak diurus akan kita tutup,\" jelasnya.

Ramadanus meminta masyarakat melaporkan ke instansinya jika ada lokasi galian C yang beroperasi namun tidak berijin. Pemerintah daerah akan mengambil tindakan untuk memberikan efek jera terhadap pelaku yang sudah mengakibatkan kerugian daerah dan kerusakan lingkungan. \"Keberadaan galian ilegal itu sangat meresahkan dan perlu diberantas,\" tukas Ramadanus. (117)

Tags :
Kategori :

Terkait