Petani Uram Jaya Terapkan Gentanadi

Kamis 21-02-2013,11:52 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

URAM JAYA, BE - Memasuki musim tanam pertama di tahun 2013 ini, para petani di Kecamatan Uram Jaya mulai menerapkan program nasional dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yakni Gerakan Sejuta Hektar Mina Padi (Gentanadi).

Camat Uram Jaya Jafri SSos, kepada wartawan kemarin, mengatakan warga desa yang menerapkan Gentanadi itu diantaran dari Desa Embong I, Embong Uram, Kota Agung dan Kota Baru. \"Gerakan gentanadi ini  dilakukan saat turun tanam padi yang dibarengi dengan penyebaran bibit ikan mas, lele dan nila,\" terang Jafri.

Dengan menerapkan program Gentanadi tersebut tentunya para petani sangat banyak mendapatkan keuntungan antara lain dapat meningkatkan produktivitas lahan sawah. Sebab, dengan hal tersebut selain tidak mengurangi hasil padi, para petani juga dapat menghasilkan ikan.

\"Selain itu, lahan sawah para petani juga bisa semakin subur dengan adanya kotoran ikan yang mengandung berbagai unsur hara, sehingga dapat mengurangi penggunaan pupuk. Ikan dapat juga membatasi tumbuhnya tanaman lain yang bersifat kompetitor dengan padi dalam pemanfaatan unsur hara, sehingga dapat juga mengurangi biaya penyiangan tanaman liar,\" jelas Jafri.

Untuk itu, jafri berharap adanya dukungan dari berbagai pihak di Kabupaten Lebong dalam hal menjalankan program Gentanadi tersebut. Dengan demikian jika masih tingginya resiko gagal panen yang sering terjadi akibat hama, para petani masih dapat memanfaatkan ikan.

\"Namun kita tidak berharap musim tanam tahun ini gagal, tentunya kita sangat menginginkan program ini berjalan sukses sehingga akan berdampak pada kesejateraan para petani tersebut,\" pungkas Jafri.(777)

Tags :
Kategori :

Terkait