Pegawai Keluyuran saat Jam Dinas

Rabu 20-02-2013,16:24 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

ARGA MAKMUR, BE - Seringnya dijumpai PNS dan honorer berkeliaran di pasar, warung dan tempat tongkrongan lainnya saat jam dinas, menjadikan citra pegawai Pemda dipandang buruk oleh masyarakat.

Akibatnya, banyak ruangan kerja terlihat kosong tanpa ada pegawai yang menungguinya. Hal ini mengakibatkan pelayanan kepada masyarakat mengalami kendala akibat ulah okum PNS dan honorer itu. Terkait hal itu, rencananya akan digelar sidak untuk mengecek keberadaan pegawai yang keluyuran saat jam dinas.

Sekkab BU Drs Said Idrus Albar mengatakan sempat akan melakukan sidak. Dikarenakan bocor, hal itu urung dilaksanakan. Diakuinya pegawai banyak izin untk kepentingan pribadi seperti menjemput anak sekolah atau lainnya yang memang tidak dibenarkan namun tak ada larangannya. \"hal inilah yang akan kita lakukan pembenahan dan rutin menggelar sidak,\" ujar Sekda.

Tak hanya itu PNS maupun pegawai honorer yang berkeliaran saat jam kerja serta kumpul-kumpul di warung makan dan pulang lebih dulu sebelum jam pulang pukul 14.00 WIB. Jika dibiarkan akan menjadi kebiasaan yang berlarut-larut dan menjamur sehingga disiplin PNS harus benar-benar ditetapkan dengan baik serta kebijakan bagi yang melanggar harus disamakan tanpa pandang bulu.\"Harus ditindak bagi yang melanggar, karena hal ini menjadi preseden buruk bagi aparatur pemerintahan,\" tegasnya.

Pakaian Harus Rapi dan Sopan Tidak hanya itu, Sekda juga menyoroti banyaknya pegawai yang memakai pakaian dinas yang dinilai tidak wajar. Dalam artian, ada pegawai yang menggunakan pakaian yang ketat dan tidak beraturan. Hal ini menimbulkan citra pegawai selaku abdi masyarakat menjadi tercoreng. Padahal selama ini, pegawai negeri dikenal berpakaian sopan, rapi dan tidak neko-neko.

\"Kita berharap tidak ada PNS ataupun honorer yang bergaya ala artis dalam dunia kerja. Jika ditemukan akan dilakukan teguran. Sedangkan untuk honorer bisa dilakukan pemecatan secara langsung,\" tandas Idrus. (117)

Tags :
Kategori :

Terkait