Terima 4.000 Blanko KTP- El

Kamis 06-02-2020,10:43 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BINTUHAN,Bengkulu Ekspress - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kaur menerima 4.000 keping blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El). Blanko ini sudah sampai di Disdukcapil dan sudah siap untuk digunakan.

Dengan demikian warga yang selama ini belum mendapatkan fisik E-KTP-nya sudah dapat langsung mencetaknya.“Ada 4.000 blanko yang sudah tiba, tak ada kendala lagi terkait dengan percetakan KTP-El, semuanya sudah lengkap,” kata Kepala Dinas Dukcapil Kaur Bahrun Budiman SH melalui Sekretaris Disdukcapil Januar Afriko S Hut Msi, rabu (5/2).

Dikatakannya, bagi warga yang selama ini ada masalah terkait dengan KTP-El misanya rusak, hilang atau belum pernah terbit sama sekali diminta untuk datang ke Disdukcapil sehingga dapat diterbitkan KTP-El baru atau pengganti. Begitu juga KTP-El yang selam aini masa berlakunya sudah berakhir dapat pula mengajukan penggantian fisik, termasuk juga ingin mengajukan perubahan elemen data dapat pula dilakukan pelayanan.

“Blangko kita banyak, silakan datang bagi yang ingin melakukan perbaikan atau belum ada KTP kita bisa langsung terbitkan,” katanya.

Ditambahkannya, terkait dengan KTP warga yang masa berlakunya seumur hidup, namun ingin mengganti KTP tanpa alasan yang jelas. Maka dipastikan tidak akan dilayani kecuali ingin mengubah data, atau fisik dari KTP sudah rusak dan tak bisa lagi digunakan. Sedangkan bila hilang juga diminat menyiapkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian, sementara penggantian KTP rusak juga wajib melampirkan bukti asli kerusakan KTP tersebut.

“Jika ada perubahan data wajib melampirkan KK, sehingga nanti dasar perubahan itu berdasarkan KK masing-masing, misalnya merubah tanggal lahir atau data data yang lain,” jelasnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait