Pemkot dan Kemenag Bengkulu Gelar Shalat Gerhana

Kamis 26-12-2019,14:53 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Pemerintah Kota Bengkulu bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bengkulu menggelar shalat kusuf atau gerhana matahari, ketika berlangsungnya fenomena gerhana matahari cincin di Masjid akbar At- Taqwa Kota Bengkulu, Kamis (26/12).

\"Tadi kita melakukan Shalat Zuhur terlebih dahulu, setelah itu baru kita lakukan shalat gerhana matahari secara berjamaah, karena memang semakin banyak semakin bagus Allah senang dengan jemaah yang banyak,\" kata Walikota Bengkulu Helmi Hasan, saat diwawancarai bengkuluekspress.com, Kamis (26/12).

Dijelaskan Ketua DPW PAN itu, kegiatan shalat gerhana matahari ini sengaja kita laksanakan untuk menjalankan syariat Islam dan perintah Rasulullah SAW, karena merupakan salah satu kejadian langka tersebut.

Sebelumnya, pihak Pemkot dan Kemenag Bengkulu juga telah menyampaikan surat imbauan kepada masyarakat untuk dapat melaksanakan shalat kusuf atau gerhana matahari. Namun, masyarakat diminta untuk tidak melihat gerhana matahari cincin dengan mata telanjang karena intensitas cahaya matahari yang kuat bisa merusak mata.

Gerhana matahari cincin adalah fenomena ketika bulan berada segaris dengan bumi dan matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan bumi. Sehingga menyebabkan piringan bulan akan terlihat lebih kecil daripada matahari dan tidak akan menutupi piringan matahari sepenuhnya. (HBN)

Tags :
Kategori :

Terkait