Aplikasi SIBAES Ditargetkan Berjalan

Kamis 26-12-2019,02:24 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

 

Lebong, bengkuluekspress.com – Dinas Kesehatan (dinkes) Kabupaten Lebong menargetkan pada tahun 2020 mendatang, seluruh Pusat Kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Lebong (13 Puskesmas) akan menjalankan aplikasi Sistem Informasi Berbasis Elektronik Kesehatan (SIBAES). SIBAES merupakan salah satu aplikasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Karena didalam aplikasi SIBAES, seperti memiliki pengelolaan data informasi riwayat medis setiap pasein, pengelolaan informasi pemakaian dan permintaan obat atau farmasi di setiap Puskesmas atau klinik yang telah terintegritas dengan data BPJS Kesehatan dan P-care. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lebong, Rachman SKM MSi mengatakan, bahwa beberapa bulan yang lalu aplikasi SIBAES baru saja diresmikan atau di launching secara langsung oleh Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIP MSi.

“Pada awal launching, baru 2 Puskesmas (Pueskesmas Muara Aman dan Puskesmas Tes) yang telah menerapkan aplikasi SIBAES,” jelasnya, kemarin (26/12).

Menurutnya, semenjak dilaunchingnya aplikasi SIBAES untuk pelayanan kepada masyarakat di wilayah 2 Puskesmas tersebut cukup membantu masyarakat, meskipun masih banyak masyarakat yang belum terlalu menggunakan aplikasi tersebut. “Masih banyak masyarakat yang langsung mendatangi Puskesmas ketika ingin berobat atau mendapatkan pelayanan,” sampainya.

Untuk itulah, sambung Rachman, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisai kepada masyarakat agar masyarakat bisa mengoperasikan aplikasi SIBAES yang caranya cukup mendownload melalui aplikasi yang ada pada smartphone atau android. “Kita sampaikan, baik ketika ada kegiatan atau disampaikan langsung kepada masyarakat yang mengunjungi Puskesmas,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setelah banyak masyarakat yang memiliki aplikasi SIBAES, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan untuk penerapan bisa dilakukan pada seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Lebong. “Kita menargetkan di tahun 2020 mendatang, semua Puskesmas yang jaringan internetnya bagus telah menjalankan aplikasi SIBAES dalam pelayanan,” tuturnya.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait