Tenaga Kesehatan Minim Pendaftar

Selasa 26-11-2019,09:10 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Menjelang menutupan pendaftaran CPNS tahun 2019 di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu tanggal 27 November. Sampai saat ini yang mendftar pada formasi tenaga kesehatan masih minim. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu mencatat, hanya ada 5 orang pendaftar pada formasi tenaga kesehatan, dari 9 kuota yang diberikan.

\"Baru lima orang yang mendaftar tenaga kesehatan,\" terang Kepala BKD Provinsi Bengkulu, Diah Irianti kepada BE, kemarin (25/11).

Dari lima orang pendaftar itu, masing-masing mendaftar pada formasi Fisikiwan medis sebanyak 4 orang dan 1 orang mendafar sebagai dokter spesialis patologi klinik. Sementara formasi tenaga kesehatan lainnya masih kosong. Seperti dokter spesialisa anak, paru, jantung dan formasi lainnya. \"Hampir sama dengan tahun lalu, masih sepi pendaftar,\" terangnya.

Namun berbeda dengan tenaga guru yang melar sebagai CPNS sudah membludak sampai 365 orang dari 27 kuota yang diberikan. Begitupun dengan tenaga teknis sudah sampai 223 orang yang mendaftar dari 4 kouta CPNS yang diberikan. \"Total yang resmi mendaftar sebanyak 593 orang dan 744 orang baru mengisi formulir,\" tambah Diah.

Jumlah tersebut masih akan terus bertambah. Sebab penutupan akan dilakukan sampai besok tanggal 27 November. \"Masih terus update. Jadi masih ada kesempatan yang ingin mendaftar,\" tegasnya. Semua yang telah mendaftar nantinya tentu akan mengikut proses tes secara CAT. Meskipun kuota yang diberikan tidak terpenuhi yang mendaftar seperti di tenaga kesehatan, maka yang mendaftar itu belum tentu lulus.

Sebab, kelulusan itu akan dinilai dari nilai ambang batas (passing grade). Baik itu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) maupun Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). \"Tidak otomitis lulus, kalau tidak masuk dalam passing grade, tentu tidak lulus. Tapi minimal mengurangi saingan kalau hanya satu orang yang mendaftar,\" tegasnya.

Dari sisi waktu pendaftaran itu, Diah menekankan kepada calon pelamar untuk segara mendaftarkan diri. Termasuk yang sudah mengisi formulir pendaftaran untuk segara mengunggah berkas pendaftaran. Sebab, BKD akan langsung menseleksi berkas pendaftaran itu, untuk menentukan memenuhi syarat maupun tidak. \"Seleksi berkas masih kita lakukan. Nanti setelah penutupan akan kita umumkan mana yang lulus seleski administrasi dan tidak,\" pungkas Diah. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait