Final, Pemkab dan KPU Setujui Rp 20 M

Kamis 31-10-2019,11:26 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Dipertemukan di kantor Kementerian Dalam negeri (Kemendagri), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebong bersepakat menandatangani Naskah Perjanjian Hiba Daerah (NPHD) sebesar Rp 20 miliar untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang.

Penandatanganan langsung dilakukan Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIp MSi dengan Ketua KPU Lebong, Shalahuddin AL Khidhr SE dengan disaksikan Direktorat Jendral (Dirjend) Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Siti Chomza, kemarin (30/10).

Dalam kesepakatan dari kedua belah pihak dalam penganggaran dana Pilkada, diberikan secara bertahap.Yaitu tahap 1 dana yang diambil dari APBD tahun 2019 sebesar Rp 500 juta dan tahap ke-2 melalui ABPD tahun 2020 mendatang yang akan diberikan sebesar Rp 19,5 miliar.“Penyaluran dana pilkada akan dilakukan 2 tahap, yaitu Rp 500 juta di tahun 2019 ini dan sisanya Rp 19,5 miliar akan diserahkan tahun 2020 mendatang,” jelasnya, kemarin (30/10).

Bupati mengajak, seluruh masyarakat Lebong untuk berpartisipasi dengan menyalurkan hak pilihnya. Karena siapapun yang nantinya terpilih, akan membawa arah kemajuan Kabupaten Lebong 5 tahun kedepan.

“Saya berharap antisipasi masyarakat untuk menyalurkan hak pilih bisa meningkat, dibandingkan dengan pilkada sebelumnya dan jangan golput,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Lebong, Salahuddin Al Khidhr SE membenarkan bahwa dari hasil pertemuan, disepakati sebesar Rp 20 miliar tersebut. “Kita telah bersepakat dan penandatangan NPHD telah kita laksanakan,” ucapnya.

Dengan telah disepakatinya dana sebesar Rp 20 miliar, sambungnya, akan langsung bekerja untuk menggodok untuk merasionalisasikan tahapan demi tahapan sesuai dengan dana yang telah disepakati. Karena dana yang disepakati lebih kecil dari ajuan yang telah disampaikan pihaknya sebelumnya.“Nanti kita akan rasionalisasikan kembali dana yang disepakati dengan rangkaian yang akan dilaksanakan,” tutup Ketua KPU.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait