Sukseskan TTG XXI Nasional

Selasa 10-09-2019,10:28 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

Gubernur Minta Mendes  PDTT Hadirkan Presiden

BENGKULU, Bengkulu Ekspress  – Sebagai tuan rumah, Provinsi Bengkulu terus mematangkan kesiapan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XXI tahun 2019. Gubernur Bengkulu, Dr Rohidin Mersyah secara langsung menemui Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sanjojo, untuk melaporkan kesiapan TTG nasional yang akan digelar pada 21 – 25 September mendatang.

Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah mengatakan, ada sekitar 5 ribu perserta yang akan datang ke Provinsi Bengkulu untuk mengikuti kegiatan tersebut. “Hasil hitungan kita, peserta kurang lebih 5 ribuan, dan insyaallah bisa kita fasilitasi dengan baik,” terang Rohidin saat bertemu Mendes PDTT, di Jakarta, kemarin (9/9).

Dijelaskannya, para tamu yang hadir di Bengkulu itu akan difasilitasi semuannya. Termasuk persiapan hotel dan penginapan tidak hanya melibatkan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), tapi juga melibatkan masyarakat dan stakeholder. Begitupun terkait penerbangan, Gubernur Rohidin berharap ada penambahan jadwal penerbangan dari Jakarta.

\"Walaupun jalur penerbangan sudah kita buka ke berbagai daerah, kami berharap ada penambahan jadwal penerbangan dari Jakarta, paling tidak pesawat berbadan besar bisa kembali masuk pagi dan sore, dan menambah satu flight lagi,\" ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Rohidin juga meminta kepada Mendes PDTT untuk bisa mendatangkan presiden ke Provinsi Bengkulu untuk membuka acara tersebut. “Kami juga meminta kepastian bapak presiden bisa hadir dan membuka acara,” tutur Rohidin.

Dalam kedetangan presiden nantinya, Rohidin mengatakan, telah disiapkan beberapa agenda penting di Bengkulu. Seperti penyerahan sertifikat kampung nelayan dan ground breaking tol Bengkulu dan agenda tambahan lainnya. “Dalam waktu dekat, pak menteri akan bertemu langsung dengan presiden terkait persiapan tersebut,\" tegas Rohidin.

Terkait kemasan acara, Rohidin menegaskan penyelenggaraan TTG XXI Nasional di Bengkulu berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.\"Dari sisi tema, ini betul-betul kuat dalam rangka mengangkat temuan teknologi desa. Teknologi yang ditemukan dari beberapa provinsi, mulai dari tingkat desa akan kita tonjolkan pada TTG tahun ini,\" ujarnya.

Industri-industri lokal, termasuk pameran industri SMK yang baru-baru ini dilaunching dan diproduksi juga akan dipamerkan. Hal ini menurut Rohidin, dalam rangka menguatkan industri otomotif Indonesia berkembang dengan baik.

\"Selain itu bursa inovasi desa akan kita tonjolkan, ini juga yang belum pernah disajikan secara menyeluruh. Beberapa waktu lalu, kita mengadakan gelar pameran lomba inovasi desa yang dilakukan oleh BUMDes se-Provinsi Bengkulu. Banyak sekali BUMDes-BUMDes kita yang sudah mulai merangkak maju berkembang untuk mandiri terkait pengelolaan keuangan dengan sektor produktif, terutama sektor pariwisata, industri krearif, termasuk industri-industri berbasis IT yang banyak dilakukan anak-anak muda,\" ungkap Rohidin.

Saat bertemu Gubernur Bengkulu, Menteri Eko mengapresiasi persiapan yang cukup matang dari Pemerintah Provinsi Bengkulu, dalam menyambut acara yang akan dihadiri sekitar 5 ribu peserta, dari berbagai provinsi di Indonesia tersebut. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait