Harga Cabai Masih Tinggi

Jumat 09-08-2019,13:52 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

CURUP, Bengkulu Ekspress- Harga komoditas cabai di Kabupaten Rejang Lebong saat ini masih cukup tinggi. Harga cabai disejumlah pasar di Kota Curup saat ini masih bertahan dikisaran Rp 60 ribu sampai Rp 70 ribu.Harga cabai yang masih tinggi tersebut tidak hanya terjadi pada cabai merah saja, namun juga terjadi pada cabai rawit. Harga cabai yang tinggi tersebut sudah terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

\"Saat ini harga cabai masih tinggi yaitu mulai dari Rp 60 ribu sampai Rp 70 ribu, harga tinggi ini bukan hanya harga cabai merah namun juga cabai rawit,\" sampai Narti (56) salah satu pedagang di Pasar Atas Kota Curup Kamis (8/8) kemarin.

Masih tingginya harga cabai di sejumlah pasar di Kabupaten Rejang Lebong tersebut, menurut Narti karena memang saat ini stok cabai di pasar masih terbatas. Bahkan menurut Narti harga cabai tersebut diprediksi akan meningkat menjelang masuknya lebaran Idul Adha.

 Tingginya harga cabai tersebut, bukan hanya terjadi dikalangan pedagang di pasar-pasar tradisional yang ada di Kabupaten Rejang Lebong saja, namun juga dikalangan petani. Dikalangan petani sendiri saat ini harga cabai masih bertahan di Rp 50 ribu per Kg.\"Kalau ditingkat petani, harga cabai masih bertahan di Rp 50 ribu per Kg,\" sampai Mardani salah satu petani cabai di Kecamatan Selupu Rejang.

Masih tingginya harga cabai di tersebut, menurut Mardani menjadi rezeki bagi para petani. Karena menurutnya dalam beberapa tahun terakhir harga cabai ditingkat petani selalu rendah sehingga banyak petani yang tidak mendapatkan keuntungan dari bertanam cabai.

\"Kalau harga seperti ini alhamdulillah, meskipun kita hanya menanam sedikit namun hasilnya cukup lumayan,\" aku Mardani yang menanam cabai dilahan yang tak sampai seperempat hektar tersebut.

Mardani mengungkapkan dengan melihat mulai masuknya musim kemarau seperti saat ini, maka kemungkinan besar harga cabai akan kembali naik. Karena menurut Mardani, saat musim kemarau saat seperti saat ini para petani akan kesulitan menanam cabai sehingga stok cabai diprediksi akan menipis dan harga dipastikan akan meningkat.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait