KRI Kurau Bawa Logistik Pemilu Enggano

Rabu 24-04-2019,13:16 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BENGKULU, Bengkulu Ekspress- Pada Selasa siang (23/4), sekitar pukul 14.00 WIB, KRI Kurau 856 tiba di dermaga Nusantara Pelindo II, Pulau Baai Bengkulu. Kapal ini membawa logistik hasil pemilu 2019, dari Kecamatan Enggano Pulau Enggano, menuju Kabupaten Bengkulu Utara (BU).

Pengantaran logistik hasil pemilu dari Pulau Enggano ke dermaga Pelindo, Provinsi Bengkulu ini,mendapatkan pengawalan ketat dari TNI AL dan anggota Polres Bengkulu Utara. Setelah itu, rencananya logistik tersebut dibawa ke Kabupaten Bengkulu Utara melalui jalur darat dan juga akan mendapat pengawalan ketat pihak kepolisian dan TNI pastinya.

Kapolres Bengkulu Utara Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ariefaldi Warganegara mengatakan, dalam penjemputan logistik hasil pemilu di Kecamatan Enggano ini ada 71 kotak suara dan 48 buah bilik suara yang nantinya diserahkan ke KPU Bengkulu Utara.

\"Dalam perjalanan dari Pulau Enggano ke Kota Bengkulu melalui jalur laut dengan menggunakan KRI Kurau 856 tidak ada masalah sedikitpun,n berjalan aman dan kondusif,\" terangnya.

Ia menjelaskan, KRI Kurau berangkat dari Pelabuhan Malakoni Kecamatan Enggano pada pukul 08.30 WIB dan tiba di Pelabuhan Pelindo II Pulau Baai Bengkulu sekitar pukul 13.00 WIB.\"Waktu yang ditempuh sangat singkat dengan menggunakan KRI Kuaru 856 yang di Komandani Mayaor Laut (P) Siswandony dan saya ucapkan terima kasih atas apa yang sudah dilakukan Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P), M Wahyu Sudrajad ST bersama Komandan KRI Kurau 856,\" bebenrya.

Komandan Lanal (Danlanal) Bengkulu, Letkol Laut (P), M Wahyu Sudrajad ST menerangkan, memang KRI Kurau 856 yang sudah berada sejak 7 April 2019 lalu yang diperbantukan untuk meredam konflik antara nelayan trawl dan nelayan tradisonal yang sempat memanas beberapa waktu lalu, selait itu juga pihaknya meminta kepada Komandan KRI Kurau 856 untuk membantu pendistribusian logistik pemilu pada 17 April lalu dan penjemputan logistik pemilu pada hari ini (kemarin,red).

\"Alhamdulillah, baik pendistribusian logistik pada 17 April lalu dan penjemputan logistik pada hari ini berjalan aman, lancar dan terkendalai berkat kerja keras semua pihak,\" bebernya.

Danlanal menjelaskan, baik pendistribusian logistik dan penjemputan logistik pemilu menggunakan kapal TNI AL KRI Kurau 856 hanya memerlukan waktu 6 sampai 7 jam. Waktu ini lebih cepat dari kapal komersil biasa yang memakan waktu perjalanan hingga 12-14 jam.\"Alhamdulillah juga, perjalanan dari pulau Enggano tidak akan mengalami kendala yang rumit, karena BMKG Bengkulu memprediksikan bahwa ketinggian gelombang di perairan laut Bengkulu masih aman untuk dilalui,\" tutupnya.

Sementara itu, berdasarkan data yang terhimpun Bengkulu Ekspress, selain membawa logistik hasil pemilu 2019, dalam KRI tersebut juga ada petugas TPS yang sakit atas nama Budianto yang merupakan sekretariat TPS Kecamatan Enggano untuk mendapatkan perawatan medis di Rumah Sakit M Yunus Bengkulu. Dan pada pukul 14.30 WIB, logistik hasil pemilu di pulau Enggano langsung dibawa ke KPU Kabupaten BU menggunakan mobil truck dengan pengawalan ketak petugas kepolisian dan TNI. (529)

Tags :
Kategori :

Terkait