NasDem, Diprediksi Kuasi Kursi Dewan

Senin 22-04-2019,10:17 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Partai NasDem Kabupaten Kepahiang diprediksi akan menguasi kursi legislatif DPRD Kabupaten Kepahiang periode 2019-2024. Partai besutan Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM IPU ini diperkirakan akan meraih kursi terbanyak dan unsur pimpinan di DPRD Kepahiang. Data terhimpun sementara, NasDem unggul di Dapil 1 Kecamatan Kepahiang dengan perolehan suara 5986 dan Dapil 4 Kecamatan Seberang Musi, Kabawetan serta Tebat Karai dengan perolehan suara sebanyak 4144.

Sementara Golkar dan PKB bersaing ketat diposisi kedua dengan masing-masing perolehan suara sementara Golkar sebanyak 5506 (Dapil 1 dan 4), serta PKB 4480 (Dapil 1 dan 4).  Untuk dapil 1 kursi pertama didapat NasDem 5986, kedua Hanura 2937, ketiga PKB 2686, keempat PPP 2398, kelima PDI Perjuangan 2364, keenam PKS 2236, ketujuh Golkar 2178. Kursi kedelapan kembali direbut Nasdem setelah perolehan suara dibagi tiga raihan suara Nasdem mendapatkan 1995 tetap yang tertinggi.

Didapil 4, NasDem kembali berjaya dengan perolehan suara 4144, kedua Golkar 3328, ketiga Demokrat 3322, keempat PKB 1794, kelima Hanura 1288, keenam PDIP 1202. NasDemmeriah kursi pertama dan kelima diikuti partai Golkar, Demokrat, PKB, dan Hanura masing-masing raih 1 kursi.  Untuk Dapil 1, caleg Nasdem nomor urut satu Windra Purnawan SP meraih suara 2714 serta Abdul Haris dengan suara 879. Abdul Haris diprediksi mendapatkan kursi kedelapan setelah perolehan suara Nasdem dibagi tiga menyisahkan 1382 tetap tertinggi dibandingkan perolehan suara parpol lainnya. Sedangkan Hanura, PKB, PPP, PDI Perjuangan, PKS, dan Golkar masing-masing meraih 1 kursi.

Kondisi serupa diraih untuk Dapil 4, dua kader terbaik Nasdem yakni Maryatun dan Walyadi yang menemati posisi tertinggi perolehan suara di parpol diprediksi akan duduk sebagai anggota wakil rakyat. Golkar, Demokrat, PKB, Hanura, PDIP masing-masing meraih 1 kursi. (Lihat grafis)  Komsioner KPU Kepahiang, Supran Efendi MPd menjelaskan, pihaknya belum bisa menyimpulkan raihan kursi masing-masing parpol. Karena masih menunggu hasil pleno PPK masing-masing kecamatan yang hingga kemarin (21/4) masih melaksanakan sidang pleno terbuka.

“Untuk raihan kursi masing-masing partai kita masih menunggu hasil akhir dari pleno masing-masing PPK,” ujar Supran.

Klaim Raih 7 Kursi

Sementara itu, partai Nasdem Kabupaten Kepahiang mengklaim meraih 7 kursi di DPRD Kabupaten Kepahiang priode 2019-2014. Berdasarkan data internal, Nasdem berjaya ditiga dapil dengan meraih 2 kursi setiap dapilnya. Masing-masing dapil Kepahiang 1, Kepahiang 2 dan Kepahiang 4, satu kursi terakhir diraih untuk dapil 3 kecamatan Bermani Ilir dan Muara Kemumu. Sekjend Partai Nasdem Kabupaten Kepahiang, Windra Purnawan SP mengatakan, pihaknya masih menunggu putusan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepahiang.

Untuk memastikan finalisasi jumlah kursi legislatif yang diraih parpolnya. “Kita harus mengikuti proses rekapitulasi dari penyelenggara pemilu, tapi kalau dari data internal kita optimis 7 kursi,” ungkap Windra, Minggu (21/4). Menurut Windra, Nasdem unggul di enam kecamatan yakni Kecamatan Kepahiang, kecamatan Ujan Mas, kecamatan Merigi, kecamatan Tebat Karai, kecamatan Seberan Musi, dan kecamatan Kabawetan.

“Karena kita harus mengikuti proses rekapitulasi, maka hasil resmi kita menunggu pengumuman KPU Kepahiang,” ujar Windra.

Windra menyebutkan, data internal Nasdem merupakan rekapan dari salinan C1 saksi-saksi yang bertugas di 517 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sehingga, mereka yakin dengan validitas data dimiliki tidak akan meleset dari penghitungan KPU Kepahiang yang saat ini masih terus berlangsung.  Ia mengajak, seluruh kader dan relawan Nasdem yang sudah berjuang dalam Pemilu 2019 untuk bersabar menunggu hasil resmi rekapitulasi KPU Kepahiang. Sembari terus mengawal proses rekapitulasi yang dilaksanakan KPU beserta jajaran hingga tuntas sesuai dengan jadwal.  “Untuk penyelenggaraan Pemilu kita nilai cukup berhasil, kita mengapresiasi rekan-rekan penyelenggara yang melaksanakan tugas secara baik,” sebut Windra. (320)

Tags :
Kategori :

Terkait