Safety Riding Astra Motor, Pahami Jarak Menyalakan Lampu Sein

Minggu 24-03-2019,15:41 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

Safety Riding Astra Motor Bengkulu : Pahami Jarak Menyalakan Lampu Sein Sebelum Berbelok

Bengkulu, bengkuluekspress.com - Sepeda motor merupakan sarana transportasi dimana mayoritas masyarakat Bengkulu menggunakannya untuk berpergian. Dalam menggunakannya, penting untuk memperhatikan perlengkapan berkendara dan mematuhi peraturan yang berlaku di jalan raya. Perlengkapan berkendara tak lain adalah Helm, Jaket, Sarung Tangan dan Sepatu tertutup. Adapun sepeda motor yang memiliki juga lampu sein yang berfungsi untuk menjadi informasi kepada pengendara yang lain mengenai arah pengendara hendak berbelok. Penggunaan lampu sein yang tidak tepat mampu menimbulkan salah presepsi yang bisa berakibat fatal.

Lampuu sein merupakan isyarat arah akan berbelok yang harus dinyalakan sesuai dengan tujuan berbelok setidaknya 10 - 20 meter sebelum belokan. Jarak pemberian lampu sein ini dipengaruhi oleh kecepatan sepeda motor saat itu. Semakin kencang laju sepeda motor, maka semakin jauh juga jarak haluan yang harus diberikan saat hendak menyalakan lampu sein. Hal ini bertujuan agar pengendara di belakang dapat mendapat informasi mengenai arah berbelok dan mempunyai cukup waktu mengantisipasi laju kendaraan agar tidak terjadi tabrakan.

 

Hal tersebut sejalan dengan materi yang disampaikan oleh Noval Yunaidi selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu saat menyampaikan kampanye #Cari_aman di Dharma Wanita Kota Bengkulu pekan lalu. Bekerja sama dengan pihak Polres, acara tersebut diapresiasi langsung oleh Ketua Dharma Wanita Kota Bengkulu Nelwitis Marjon.

“Terima Kasih kepada Astra Motor yang selalu mengingatkan kepada masyarakat Bengkulu akan pentingnya menggunakan perlengkapan berkendara dan mematuhi peraturan dijalan raya,” ujar Nelwitis Marjon. (ibe/rls)

Tags :
Kategori :

Terkait