KPU Siapkan Template Surat Suara

Selasa 19-03-2019,10:35 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

CURUP, Bengkulu Ekspress - Untuk memenuhi hak para penyandang disabilitas khususnya tuna netra dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 19 April mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong akan menyiapkan template surat suara. \"Untuk memudahkan penyandang disabilitas khususnya tuna netra untuk memberikan hak pilihnya, maka kita akan menyediakan template surat suara,\" sampai Plt Kasubag Umum KPU Rejang Lebong, Riko Saputra SE.

Dijelaskan Riko, template yang akan siapakan oleh KPU Rejang Lebong tersebut nantinya berupa template hurup braille sebagai alat bantu para penyandang tuna netra untuk memberikan suara mereka dalam Pemili serentak mendatang.

\"Saat ini templatenya masih dalam proses pemesanan dan belum sampai di KPU Rejang Lebong,\" paparnya.

Lebih lanjut Riko menjelaskan, template ini nanti fungsinya sebagai alat bantu saja, sedangkan untuk surat suaranya nanti akan tetap sama dengan surat suara pada umumnya. Dimana dalam menggunakan surat template ini, template akan diletakkan pada surat suara, kemudian para penyandang tuna netra akan menentukan pilihan mereka dengan merabah tulusai braille sesuai dengan nama yang ada pada kertas suara. Saat mereka sudah menentukan pilihan maka mereka tinggal mencoblos saja.

Hanya saja menurut Riko, penggunaan template untuk penyandang disabilitas tersebut kemungkinan besar tidak digunakan untuk seluruh suarat suara, namun menurutnya bisa saja hanya untuk surat suara presiden dan wakil presiden serta sejumlah surat suara lainnya. Khususnya untuk surat suara kabupaten kemungkinan besar tidak akan menggunakan template. \"Template ini nantinya, akan kita letakkan satu disetiap TPS yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ini,\' paparnya.

Riko berharap dengan adanya template ini, diharapkan bisa membantu para penyandang disabilitas di Kabupaten Rejang Lebong untuk ikut serta dalam pesta demokrasi yang dilakukan setiap lima tahun sekali tersebut.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait