Surat Suara Mulai Dicetak

Selasa 05-03-2019,09:31 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

Ditambah 6,8 Persen

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 di Kabupaten Bengkulu Tengah mulai dicetak. Pencetakan surat suara tersebut mulai hari ini (5/3) dan selesai besok (6/3).

\"Seluruh surat suara dicetak oleh pemenang tender di Jakarta. Khusus surat suara untuk Kabupaten Bengkulu tengah diprediksi dicetak pada tanggal 5 atau 6 Maret,\" kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu tengah, Drs Brotoseno, kemarin (4/3).

Menurut Brotoseno, surat suara akan dicetak dalam jumlah yang lebih banyak dari daftar pemilih tetap (DPT). Yakni, sebanyak 82.123 orang yang berasal dari 11 kecamatan se-Kabupaten Bengkulu tengah. Brotoseno menerangkan, surat suara calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu tengah akan dicetak 87.760 lembar (ditambah 6,8 persen dari DPT).

Sedangkan untuk 4 jenis surat suara lainnya, yakni DPR Povinsi, DPR RI, DPD RI dan surat suara calon Presiden dan Wakil Presiden dicetak sebanyak 83.766 lembar (tambahan 2 persen dari DPT). Pengiriman surat suara ke kabupaten baru akan dilakukan setelah semua surat suara selesai dicetak dan dipacking.

\"Surat suara memang dicetak lebih banyak untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan jumlah atau kerusakan surat suara. Jika tak ada halangan, surat suara akan tiba di Kabupaten Bengkulu tengah pada pertengahan bulan Maret 2019,\" jelasnya.

Setiba di Bumi Maroba Kite Maju, surat suara akan dilipat sesuai dengan ketentuan. Pelipatan dilakukan sekaligus dengan proses pemeriksaan surat suara serta menyeleksi surat suara yang rusak. \"Terkhusus surat suara calon anggota DPRD Kabupaten Bengkulu tengah, pengesetan akan disesuaikan dengan daerah pemilihan (Dapil) masing-masing. Sebab itu, membutuhkan kecermatan dalam proses pengesetan. Menghindari keselahan, pengesetan surat suara juga akan disaksikan TNI/Polri serta anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkulu tengah,\" demikian Brotoseno.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait