Awasi Kampanye Terselubung

Senin 14-01-2019,09:52 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

TAIS, Bengkulu Ekspress- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Seluma, Yefrizal SE meminta, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di 14 kecamatan yang ada agar aktif memantau setiap pergerakan calon legislatif (caleg) yang ada di wilayah kerjanya. Terutama caleg yang turun sering berkunjung ke rumah warga ataupun menghadiri suatu acara yang diadakan oleh warga.

\"Kita waspadai adanya kegiatan kampanye terselubung yang dilakukan oleh caleg. Oleh karena itu pantau terus wilayah kerjanya dan jangan sampai lengah,\" tegasnya.

Dijelaskan Yefrizal, modus yang dilakukan oleh caleg kebanyakan memanfaatkan momen atau kesempatan saat ada perkumpulan warga yang sedang melaksanakan hajatan atau acara. Kesempatan itu dimanfaatkan oleh caleg untuk berkampanye, memperkenalkan diri dan mengajak masyarakat untuk mendukungnya.

\"Jadi kita harus jeli, usahakan setiap ada keramaian walaupun itu hanya hajatan biasa, kita harus ada di lokasi tersebut. Jika terbukti, ambil tindakan tegas dengan menegur langsung. Jika tidak memungkinkan, ambil dokumentasinya sebagai barang bukti untuk tindakan selanjutnya,\" jelas Yefrizal.

Lanjutnya jika nantinya ada caleg yang terbukti melakukan pelanggaran, dengan melakukan kampanye terselubung ini. Maka Bawaslu Seluma akan mengambil tindakan tegas dengan memberikan teguran keras kepada yang bersangkutan. \"Tindakan yang kita lakukan tergantung dari bentuk pelanggarannya. Tidak menutup kemungkinan akan diproses hukum jika memang kegiatan yang dilakukan caleg tersebut ada unsur pidananya,\" kata Yefrizal.

Tambahnya, yang juga harus diwaspadai termasuk anggota DPR/DPD aktif saat ini terutama yang masih maju dalam pileg. Jika mereka turun ke masayarakat juga harus dipantau. Jangan sampai mereka memanfaatkan jabatannya sebagai tameng untuk melakukan kegiatan kampanye kepada masyarakat.

\"Jika mereka turun untuk melaksanakan fungsi pengawasannya sebagai wakil rakyat, kita tidak mempersoalkan. Namun jika saat turun tersebut ada unsur kampanyenya, maka harus ditindak tegas,\" sampainya.

Kepada caleg yang maju dalam pileg 2019 mendatang, Yefrizal mengingatkan, agar mematuhi semua aturan dan tata tertib pemilu di setiap tahapannya. \"Berkompetensilah secara sehat dan santun. Jangan sampai apa yang anda lakukan dicatat sebagai pelanggaran yang akhirnya merugikan diri anda sendiri nantinya,\" pungkas Yefrizal.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait