5 Pustu Induk Dipasang Internet

Senin 07-01-2019,17:01 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

TAIS, Bengkulu Ekspress- Sukses pemasangan jaringan internet di 17 titik Puskesmas Induk dan Base Transceiver Station (BTS) di Kabupaten Seluma tahun 2018 lalu. Tahun 2019 ini, sebanyak lima Puskesmas Pembantu (Pustu) akan dilakukan pemasangan jaringan internet dan pemasangan BTS di sejumlah titik.

“Tahun ini hanya menyelesaikan pemasangan jaringan internet pada lima Puskesmas oleh dari Kemenkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informasi). Namun terlebih dahulu dilakukan survei lokasi,” tegas Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Seluma, H Hendarsyah SIP MT kepada Bengkulu Ekspress (BE), kemarin (6/1).

Selain itu, Kominfo Seluma juga akan memastikan kembali jumlah BTS yang akan diberikan untuk kabupaten Seluma oleh kementrian di tahun 2019 ini. Termasuk memastikan jaringan internet bisa masuk ke sejumlah Puskesmas yang belum terpasang. Apakah menggunakan mango sky atau menggunakan piberoptik, sehingga ini juga diperlukan kepastiannya.

“Terpenting untuk BTS secara bertahap di tahun 2020 Seluma akan merdeka akan sinyal dan mlek internet,”sambungnya.

Hendarsyah menegaskan, pemasangan jaringan internet ini sangatlah penting dilakukan di Puskesmas dan OPD lainnya. Mengingat saat ini seluruh Puskesmas dan OPD sudah menggunakan aplikasi online keseluruhan dan bisa di akses dengan jaringan internet. Termasuk melakukan pelayanan BPJS, perizinan serta Simda dalam pelaporan keuangan serta pelayanan lainnya. “Ini semua untuk pelayanan, baik itu Puskesmas maupun rujukan pasien ke rumah sakit yang sudah menggunakan BPJS,”imbuhnya.

Sementara itu, untuk pemasangan BTS kedepannya sudah bisa menyediakan lahan untuk pembangunan TBS itu sendiri, agar program ini berjalan dan terwujud. Jika tidak mau, maka desa tersebut merugi. “Contohnya sudah ada BTS yang didirikan tahun lalu dan sekarang warganya sudah merasakan manfat akan keberadaan BTS ini. Sudah bisa mengakses dunia luar sekalipun berada di pedalaman,”bebernya.

Dari data yang ada di Dinas Kominfo Kabupaten Seluma saat ini daerah yang saat ini masuk kategori blankspot, yakni beberapa desa di Kecamatan Ulu Talo, kemudian desa pedalaman di Kecamatan Semidang Alas (SA), serta beberapa desa di Kecamatan Lubuk Sandi.

Namun untuk Desa di Kecamatan Lubuk Sandi, masih dalam tahap survei lanjutan. Karena kategori blankspot adalah daerah yang benar-benar tanpa sinyal. Namun jika salah satu sinyal provider seluler ada, maka daerah tersebut tidak termasuk kawasan blankspot. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait