Fokus Peningkatan Fisik

Senin 17-12-2018,10:06 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

SUKARAJA, Bengkulu Ekspress - Selama 3 tahun kucuran Dana Desa (DD) bergulir ke desa di Kabupaten Seluma, membawa dampak positif. Seperti, peningkatan fisik, sarana dan prasarana desa menjadi prioritas. Salah satunya Desa Padang Pelawi, Kecamatan Sukaraja tetap akan memprioritaskan sarana dan prasarana desa di tahun 2018 dan 2019 ini.

“Sekalipun belum melakukan musyawarah pembangunan desa di DD tahun 2019 mendatang, namun peningkatan jalan di tiga titik sudah di sampaikan warga termasuk sarana olah raga warga,” tegas Kades Padang Pelawi, Ridi Kismantoro Amd kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (16/12).

Disampaikannya, tiga jalan lingkungan desa sudah menjadi prioritas menuju desa induk ke sejumlah dusun di desa. Termasuk membentuk Bumdes untuk penyertaan modal sebagai pengembangan desa. Hanya saja, untuk Bumdes masih dalam tahap legalitas di Bagian Hukum Sekretariat Pemda Seluma. Sehingga di tahun 2019 belum bisa di lakukan.

“Bumdes untuk penyertaan modal DD dan untuk pengembangan pada bidang alat-alat tulis serta kebutuhan lainnya,”sambungnya.

Diceritakan Ridi, jika di tahun 2018 lalu sudah menyelesaikan penyerapan DD tahap 1 hingga ke III saat ini. Termasuk tahap ke III ini di salurkan untuk pembangunan dan penyelesaian pembangunan dan pembayaran upah pekerja yang tertinggal. Di tahun 2018 ini sudah mengerjakan pembangunan fisik pada menyelesaikan pembangunan Gedung Posyandu yang belum terselesaikan di tahun 2017 lalu.

Pembangunan balai pelatihan masyarakat desa. Pembangunan Siring pasang serta pemberdayaan perangkat desa dan BPD.“Ditahun 2019 mendatang tetap ke fisik desa. Penyerapan DD tahap ke III saat ini sudah mencapai 90 persen dan telah diselesaikan,”pungkas Ridi.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait