50 Meteran Pelanggan Dicabut

Senin 10-12-2018,15:46 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

CURUP, Bengkulu Ekspress - Tindakan tegas dilaksanakan PLN Rayon Curup terhadap pelanggan yang menunggak. Salah satunya dengan melakukan pembongkaran meteran atau pemutusan total jaringan listrik ke rumah pelanggan.

Dimana selama beberapa bulan terakhir setidaknya sudah 50 pelanggan PLN Rayon Curup yang diputus total. Demikian disampaikan Manajer PLN Rayon Curup, Khaidir Nasir saat dikonfirmasi belum lama ini. \"Dalam beberapa bulan terakhir ada sekitar 50 meteran pelanggan yang kita bongkar total,\" sampai Khaidir.

Menurut Khaidir, pelanggan yang mereka putus total tersebut tersebar di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Dimana menurut Khaidir mereka yang diputus total jaringan listrik tersebut karena sudah menunggak dalam waktu yang cukup lama bahkan menurutnya ada yang sudah menunggak dalam jangka waktu 2 tahun.

\"Yang kita bongkar meterannya adalah mereka yang sudah menunggak dalam waktu cukup lama bahkan ada yang sudag dua tahun,\" sampai Khaidir.

Dijelaskan Khaidir, untuk pelanggan yang sudah diputus total dan ingin memasang kembali jaringan listrik, maka mereka harus melunasi terlebih dahulu seluruh tunggakannya. Kemudian menurut Khaidir saat dipasang lagi, pelanggan tersebut tidak akan menikmati lagi listrik pasca bayar melainkan akan dipasang listrik pra bayar atau menggunakan token.  \"Setiap ada pencabutan dan akan memasang lagi maka kita akan memasang listrik pra bayar,\" terang Khaidir.

Dalam menekan angka tunggakan pelanggan sendiri, menurut Khaidir kedepannya mereka berencana akan memasang gantungan peringatan disetiap meteran pelanggan untuk mengingatkan pelanggan agar membayar tagihan listrik tepat waktu setiap bulannya.

Terkait dengan penggunana listrik pra bayar diwilayah PLN Rayon Curup sendiri saat ini sudah mencapai 20 ribu pelanggan dari total pelanggan PLN Rayon Curup yang mencapaj 74 ribu pelanggan. Dalam kesempatan tersebut, Khaidir juga mengungkapkan untuk migrasi dari pasca bayar ke pra bayar, pihaknya tidak akan memungut biaya sama sekali atau gratis namun pelanggan cukup melunasi sisa pembayaran yang ada serra mengisi token pertama. Dimana untuk pengisian token pertama ini minimal Rp 5 ribu sesuai dengan kemampuan pelanggan.

Menurut Khaidir dibandingkan dengan penggunaan listrik pasca bayar, penggunaan listrik pra bayar akan lebih menguntungkan pelanggan, seperti pelanggan bisa mengatur pemakaian listrik mereka, kemudian bisa mengisi pulsa sesuai dengan kemampuan keuangan pelanggan. \"Penggunaan listrik pra bayar lebih menguntungkan dibandingkan dengan listrik pasca bayar, salah satunya kita bisa mengontrol pemakaian listrik kita,\" demikian Khaidir.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait