14 Warga Lebong Positif HIV AIDS

Jumat 07-12-2018,17:17 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Sepanjang tahun 2018, Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong mencatat ada 14 orang warga Kabupaten Lebong yang positif terkena Human Immunodeficiency Virus Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS).

Kepala Dinkes Lebong, Rachman SKm MSi, mengatakan bahwa dari total warga yang saat ini positif terkena HIV AIDS terdiri 9 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Dimana dari total tersebut ada yang penderita lama dan ada juga yang penderita yang baru. “itu data yang telah kita terima hingga saat ini,” jelasnya, kemarin (06/12).

Dari total warga Lebong yang positif terjangkit HIV AIDS, sebagian besar mereka tertular ketika berada diluar Kabupaten Lebong, selanjutnya mereka pulang ke Kabupaten Lebong setelah menderita atau terinfeksi virus HIV AIDS. “Para penderita saat ini dalam pengawasan kita,” sampainya.

Selain melakukan pengawasan, para penderita juga diberikan obat antiretroviral (ARV) untuk menjaga kekebalan tubuh penedeit serta dapat menekan meningkatnya jumlah virus didalam aliran darahpara penderita. “Obat tersebut harus rutin diminum tepat waktu dan seumur hidup penderita,” ujarnya.

Adanya penderita positif HIV AIDS, Rachman berharap bagi masyarakat yang mengetahui jika teman, atau keluarganya posotig terkena HIV AIDS, agar tidak memandang sebelah mata bahkan menguculkan mereka (penderita), hal ini bertujuan agar para penderita memiliki motifasi untuk bisa selalu hidup.

“Mereka jangan dikucilkan tetapi harus diberi motifasi,” ucapnya.

Untuk itulah, pihaknya selama ini selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, bagaimana cara meperlakukan para penderita serta menyampaikan bahwa virus HIV AIDS tidak akan mudah menular segampang yang dibayangkan selama ini.

“Dengan terus bertindak sesuai dengan apa yang harus dan tidak harus dilakukan, karena yang kita hindari bukan penderitanya, melainkan yang harus dijauhi adalah virusnya,” tutupnya.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait