Dukcapil Siapkan Data Awal Pemilih Pemilu

Rabu 06-02-2013,18:42 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TAIS, BE – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Seluma Kamis (7/2) dijadwalkan akan menyerahkan jumlah data warga wajib E-KTP yang sudah diolah oleh Dirjen Dukcapil. Pasalnya, data wajib E-KTP yang sudah diserahkan oleh Dinas Dukcapil Seluma tersebut kemudian diserahkan lagi dalam bentuk DP-4 yang merupakan cikal bakal jumlah mata pilih tetap (DPT) yang akan digunakan oleh KPU Seluma.

“Kalau untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Seluma saat ini belum bisa dipastikan jumlahnya. Karena Dirjen Dukcapil baru menyerahan DP-4 yang kemudian akan disampaikan ke KPU Seluma untuk diverifikasi mengenai jumlah DPT,” ujar Kepala Dinas Dukcapil Seluma H Herkules Jeraim SH.

Menurutnya, DP-4 yang diserahkan oleh Dirjen Dukcapil ke Dinas Dukcapil Seluma tentunya sudah dibersihkan dari data ganda, termasuk dari data warga yang sudah meninggal namun namanya masih tetap tercantum. Namun tetap harus diverifikasi lagi oleh KPU Seluma sebelum dijadikan DPT nantiknnya. Dijelaskan hal ini telah sesuai dengan Undang-Undang nomor 8 tahun tahun 2012 tentang pemilu diharuskan agar Pemerintah Daerah menyerahkan data jumlah warga wajib KTP untuk kebutuhan DPT.

“Untuk pemilu tahun 2009 lalu jumlah DPT di Kabupaten Seluma sebanyak 131 ribu. Sehingga tahun ini kemungkinan ada penambahan. Karena jumlah warga yang sudah berusia 17 tahun dan wajib E-KTP jelas sudah bertambah,” tegasnya.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait