Lulusan Diminta Jadi Wirausaha

Kamis 06-12-2018,16:24 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

CURUP, Bengkulu Ekspress- Direktur Akademi Komunitas Negeri (AKN) Rejang Lebong meminta lulusan AKN RL untuk menjadi wirausahawan. Hal tersebut disampaikannya dalam rapat senat terbuka dalam rangka wisuda ahli muda lulusan AKN Rejang Lebong periode V tahun akademik 2017/2018.

\"Saya harap lulusan AKN Rejang Lebong ini nanti bisa menjadi wirausahawan,\" sampai Direktur AKN Rejang Lebong, Ir Abdul Azis MP saat wisuda yang digelar di salah satu hotel di Kota Curup, Rabu (5/12) kemarin.

Dijelaskan Azis, dengan modal ilmu yang selama dua tahun mereka tempuh di AKN Rejang Lebong tersebut, para wisudawan bisa membuka lapangan usaha di bidang peternakan, perikanan dan holtikultura sesuai dengan bidang keilmuan yang mereka dapat di AKN Rejang Lebong yang sebelumnya merupakan kelas jauh dari Politeknik Negeri Lampung (Polinela) tersebut.

\"Selain menjadi wirausaha, para lulusan juga dbisa juga ke instansi pemerintah maupun bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi lagi,\" pesan Azis.

Namun menurut Azis, dimanapun para lulusan AKN RL berkecimpung nantinya baik dalam dunia usaha maupun instansi pemerintah, yang terpenting menurut Azis lulusan AKN Rejang Lebong bisas menjadi sukses dan tidak melupakan almamater mereka yaitu AKN Rejang Lebong.

Dalam kesempatan tersebut, Azis juga mengungkapkan bahwa proses wisuda yang dilewati para mahasiswanya kemarin merupakan salah satu pintu untuk menuju pintu-pintu selanjutnya, oleh karena itu Azis berpesan kepada para wisudawan untuk tidak berpuas diri, namun harus berusaha lebih keras lagi untuk menuju tahapan selanjutnya.

Terkait dengan jumlah mahasiswa yang wisuda kemari, Azis mengungkapkan jumlah mahasiswa yang diwisuda kemarin sebanyak 42 orang yang berasl dari tiga program studi yang ada di AKN Rejang Lebong yaiotu program studi D2 Budidaya Tanaman Hortikultura sebanyak 15 orang, kemudian program studi D2 Teknologi Produksi Ternak Unggas sebanyak 15 orang dan program sutud D2 Budidaya Perikanan sebanyak 12 orang.

Sementara itu untuk lulusan terbaik dari program studi Budidaya Tanaman Hortikultura adalah Putri Nurseptia Ningsih dengan IPK 4,0, kemudian diposisi kedua ada Anas Sanusi dengan IPK juga 4,0 sedangkan diposisi ketiga Novita Sari dengan IPK 3,89.

Kemudian untuk lulusan terbaik dari program studi Teknologi Produksi Ternak Unggas adalah Frengki JUni Fetri dengan IPK 3,90, kemudian diposis kedua ada Defri Nopriyanto dengan IPK 3,80 sedangkan diposisi ketiga adalah Robid Arinal Haq dengan OP 3,63.

Sedangakn untuk program studi budidaya perikanan air tawar lulus terbaiknya adalah Rila Meilinda dengan IPK 3,98 kemudian Ari PRamuji dengan OPK 3,94 dan yang ketiga Kaidi Aropa dengan IPK 3,91. \"Wisuda kali merupakan wisuda kelima AKN dari tahun 2014 lalu,\" terang Azis.

Menurut Azis, wisuda AKN Rejang Lebong tahun ini sangat istimewa, karena mereka diwisuda saat AKN Rejang Lebong sudah berdiri sendiri yang sebelumnya merupakan bagian dari Polinela. Dengan telah berdiri sendiri maka ijazah lulusannya ditandatangani langsung oleh Direktur AKN Rejang Lebong, karena untuk lulusan sebelumnya ditandatangani oleh Direktur Polinela.

Kemudian menurut Azis, dengan kelulusan mahasiswa AKN Rejang Lebong kemarin menambah jumlah lulusan AKN Rejang Lebong. Dimana sejak pertama kali menggelar wisuda pada tahun 2014 lalu hingga wisuda kemarin sebanyak 469 orang.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait