Partisipasi Pemilih Ditarget 82%

Sabtu 01-12-2018,13:31 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

CURUP, Bengkulu Ekspress- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rejang Lebong menargetkan partisipasi pemilih dalam Pemilu serentak 2019 di Kabupaten Rejang Lebong mencapai 82 persen. Hal tersebut disampaikan oleh Divisi Sosialisasi, Pendidikan Politik Parmas dan SDM KPU Rejang Lebong, Ujang Maman, Jumat (30/11) kemarin.

\"Untuk partisipasi pemilih dalam Pemilu serentak 2019 mendatang, kita targetkan partisipasi pemilih antara 78 hingga 82 persen,\" sampai Ujang,

Target tersebut, tentunya menurut Ujang lebih tinggi dari capaian partisipasi pemilih dalam Pemilu 2014 lalu. Dimana pada pemilu 2014 lalu partisipasi pemilih di Kabupaten Rejang Lebong yaitu sebesar 76 persen.Untuk mencapai target tersebut, menurut Ujang, sejumlah langkah telah dilakukan oleh KPU Rejang Lebong. Salah satunya dengan terus melaksanakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat. Dimana menurutnya saat ini KPU Rejang Lebong tengah melakukan sosialisasi di 13 lokasi yang ada di 8 kecamatan yang ada di Kabuapaten Rejang Lebong.

\"Saat ini kita tengah melaksakan kegiatan sosialisasi di 13 titik dalam 8 kecamatan yang ada di Kabuapaten Rejang Lebong,\" sampai Ujang.

Lebih lanjut Ujang menjelaskan, dari 13 titik kegiatan sosialisasi yang mereka lakukan tersebut, sasaran sosialisasinya mulai dari Pemilih Pemula, sosialisasi berbasis keluarga, perempuan dan penyandang disabilitas. Kegiatan sosialisasi sendiri sudah mereka laksanakan dari tanggal 29 November kemarin dan akan berakhir pada 2 Desember besok. \"Untuk hari ini (kemarin) ada dua sasaran sosialisasi yang kita lakukan yaitu pemilih pemula dan berbasis keluarga,\" sampai Ujang.

Dihari Jumat kemarin kegiatan sosialisasinya mereka laksanakan didua tempat di Kecamatan Selupu Rejang yaitu di di Desa Kampung Baru tentang sosialisasi pemilu berbasis keluarga sedangkan sosialisasi untuk pemilih pemula dilaksanakan di Desa Talang Lahat.

\"Untuk yang berbasisi keluarga ini, peserta sosialisasinya adalah perwakilan dari masing-masing keluarga, sehingga dari satu keluarga ada satu yang mengikuti sosialisasi, sehingga nanti mereka juga menjadi keluarga sadar Pemilu,\" terang Ujang.

Dengan diberikannya pemahaman tentang pentingnya Pemilu kepada anggota keluarga tersebut, Ujang berharap bisa meningkatkan partisipasi pemilih, karena menurutnya bila sebelumnya keluarga tersebut acuh terhadap Pemilu karena ketidaktahuan mereka, namun dengan telah mengikuti sosialisasi mereka menjadi paham dan berpartisipasi dalam Pemilu nanti.

Dalam kesempatan tersebut Ujang juga menjelaskan, untuk mensukseskan pelaksanaan sosialisasi tersebut, KPU Rejang Lebong juga melibatkan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK).(251)

Tags :
Kategori :

Terkait