Personel Polres Digembleng

Sabtu 01-12-2018,10:57 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan jasmani anggotanya, puluhan personel berasal dari Polres dan Polsek Kaur melaksanakan Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ) semester II tahun 2018, Jum’at (30/11). Dalam tes TKJ tersebut, puluhan personel digembleng dengan lari mengelilingi lapangan, sit up, push up dan pull up, di halaman Mapolres Kaur.

“TKJ semester dua dan tes ini dilaksanakan selama dua hari dan diikuti oleh semua jajaran anggota Polsek dan Polres Kaur,” kata Kapolres Kaur AKBP Arif Hidayat SIK melalui Kabag Sumda Kompol Mansaudi SH, kemarin (30/11).

Dikatakannya, jajaran personel Polres Kaur diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut, yang bertujuan untuk mengevaluasi sampai dimana kemampuan dan kekuatan fisik masing-masing personil. Selain itu juga bertujuan untuk menjaga stamina kesamaptaan mereka agar selalu fit guna mendukung pelaksanaan tugas anggota di lapangan khususnya dalam Pemilu 2019 yang semakin berat.

“Tujuan dari TKJ ini untuk mengukur kekuatan stamina anggota, dan setiap personel Polres wajib mengikuti TKJ ini, karena manfaat dari tes ini untuk kesehatan bagi personel sendiri,” terangnya.

Ditambahkannya, kegiatan TKJ dilaksanakan rutin setiap enam bulan sekali. Kegiatan diikuti oleh seluruh anggota Polres maupun Polsek, tidak terkecuali PNS. Dengan adanya TKJ ini dapat meningkatkan kemampuan operasional masing-masing, terutama menghadapi tugas dalam menjaga ketertiban di wilayah hukum Polres Kaur. “Disamping itu juga menjaga kebugaran jasmani agar tetap prima dan selalu siap bertugas dalam kondisi apapun,” katanya.

Dalam tes itu, para personel digembleng ada lima item yang diukur dalam tes kesamaptaan jasmani. Yakni, lari mengelilingi lapangan Polres selama 12 menit, pull up, push up, sit up dan lari membentuk angka 8. Sedangkan bagi anggota yang sudah berumur 50 tahun ke atas hanya melaksanakan jalan kaki mengelilingi lapangan Polres selama 12 menit tanpa pull up, sit up, push up dan shutle run. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait