Ini Cara Mudah Hindari Kanker

Sabtu 24-11-2018,15:08 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - YSKI memberikan informasi kepada karyawan BEMG mengenai jenis kanker, mengenal gejala dini kanker prostat, rahim (serviks) dan payudara beserta cara sehat dan hemat menghindari kanker.

Setelah disambut oleh Pimred Harian Bengkulu Ekspress, Iyud Dwi Mursito, pembicara dari YSKI, Revo Setyo Rahadi SKep memberikan penjelasan mengenai kanker yang kerap diderita masyarakat Indonesia.

Faktor Penyebab Kanker

Ada beberapa faktor mengapa manusia dapat menderita kanker. Yang pertama faktor keturunan atau genetik, jika ada keluarga yang pernah mengidap kanker keturunan selanjutnya akan tertular. Penularan kanker tersebut melalui cairan sperma dan ASI.

Selanjutnya adalah kanker juga bisa dipicu melalui bahan kimia yang masuk kedalam tubuh, seperti polusi udara, asap rokok, asap pabrik dan asap kendaraan bermotor, paparan radiasi gelombang elektromagnetik dari handphone, bahan makanan dan minuman yang mengandung perwarna makanan.

\"Biasanya paparan radiasi dari gadget itu paling besar saat gadget diisi baterai tetapi masih tetap digunakan. Hal tersebut salah satu pemicu kanker, selain yang kita sebutkan diatas,\" jelas Revo.

Kanker Prostat

Revo kemudian menjelaskan tentang kanker prostat. Jenis kanker tersebut lebih sering diderita oleh kaum pria dengan profesi sopir, pengangkut alat berat, pekerjaan yang sering duduk.

Gejala dini kanker prostat seperti susah buang air kecil atau terlalu sering buang air kecil, sering sakit dibagian bawah perut, sakit dibawah punggung dan sering sakit dipergelangan paha dan adanya darah bercampur dengan air seni.

Kanker Rahim

Selanjutnya adalah kanket rahim yang banyak diderita oleh kaum perempuan. Kanker rahim menyerang perempuan yang sering berganti pasangan, melakukan seks bebas dibawah usia 16 tahun atau menikah dini serta perempuan yang tidak menjaga kebersihan alat kelaminnya.

Kanker rahim tersebut juga bisa menyerang dibagian indung telur atau ovarium. Hal tersebut terjadi karena perempuan menggunakan alat kontrasepsi selama 5 tahun, wanita bekerja shift malam.

\"Untuk wanita yang berisiko tinggi terkena kanker adalah wanita yang tidak pernah melahirkan dan wanita yang sering melahirkan,\" imbuh Revo.

Kanker Payudara

Kemudian Revo juga menjelaskan mengenai kanket payudara. Kanker tersebut tidak hanya menyerang perempuan, tetapi laki-laki tidak luput dari incaran kanker tersebut. Untuk perempuan, kanker payudara bakal menyerang wanita yang tidak pernah menyusui anaknya setelah melahirkan, menyusui hanya dengan sebelah payudaranya dan obesitas atau kegemukan.

Gejala kanker payudara terdapat benjolan pada payudara, bintik hitam dan kutil pada payudara, rasa gatal dibagian luar atau dalam payudara.

Cara menghindari kanker bisa melalui pola makan sehat dan teratur, konsumsi sayuran dan buah berserat tinggi, hindari makanan berlemak, hindari makanan mengandung zat pengawet dan lakukan olahraga teratur.

Cara Menghindari Kanker

Kanker juga bisa dihindari jika tubuh diberi asupan tumbuhan yang mengandung zat anti kanker atau Ribosom Inacting Protein (RIP).

Tumbuhan pertama yang mengandung 50 persen zat anti kanker adalah benalu teh dan keladi tikus.

Untuk benalu direbus kemudian dikonsumsi airnya selama 6 bulan berturut-turut begitu juga dengan keladi tikus.

Yang terakir adalah temu putih yang mengandung 95 persen zat anti kanker. Untuk temu putih bisa dikonsumsi 3 bulan berturut-turut untuk menghindari kanker.

\"Bagi masyarakat yang ingin tahu lebih jelas bisa datang ke kantor cabang kami yang ada di Perum Griya Asri Jalan Surabaya Blok 7 Nomor 12 Kecamatan Sungai Serut,\" pungkas Revo.(167)

Tags :
Kategori :

Terkait