Pelanggaran Lalu Lintas Menurun

Kamis 15-11-2018,11:58 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

LEBONG, Bengkulu Ekspress - Tingkat kesadaran masyarakat Lebong dalam mengendarai kendaraan meningkat. Karena selama pelaksanaan Operasi Zebra Nala 2018 di Kabupaten Lebong, Sat Lantas Polres hanya mengeluarkan sebanyak 342 surat tilang. Sementara tahun 2017 yang lalu mecapai 611 lembar surat tilang dikeluarkan.

Kapolres Lebong, AKBP Andree Ghama Putra SH SIk melalui Kasat Lantas, IPTU Panehan WS mengatakan, bahwa Operasi Zebra Nala 2018 dilaksanakan selama 14 hari (30 Oktober hingga 12 November 2018) di beberapa kawasan di Kabupaten Lebong.

“Namun dalam pelakasanaan operasi Zebra Nala 2018 ini, kita bersyukur tingkat kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan berlalu lintas sudah cukup tinggi,” jelasnya, kemarin (14/11).

Menurutnya, pelanggaran lalu lintas yang menurun karena faktor cuaca. Sebab dalam minggu-minggu ini sering terjadi hujan disertai angin kencang. Sehingga banyak masyarakat yang tidak beraktifitas di luar rumah.“Itu juga salah satu faktor sebenarnya menurun pelanggaran, namun dengan menurunnya jumlah pelanggaran kita sudah sangat berterima kasih kepada masyarakat atas kesadaran mereka,” ucapnya

Akan tetapi, Panehan masih menyayayangkan karena dari total surat tilang yang dikeluarkan oleh pihaknya, di dominasi pelanggar yang dilakukan anak-anak dibawah umur. Terutama anak-anak yang membawa kendaraan roda dua tanpa menggunakan helm.

“Itu yang masih sangat kita sayangkan, karena dengan anak-anak mengendarai kendaraan dapat membahayakan dirinya dan orang lain,” ujarnya.

Ia mengingatkan, kepada seluruh orang tua untuk tidak memberikan kendaraan kepada anak-anaknya yang memang belum waktunya membawa kendaraan. “Jangan sampai menyesal ketika telah ada korban jiwa dan saat ini peristiwa yang mengakibatkan meninggal dunia karena lakalantas juga di dominasi anak-anak,” tutur Kasat Lantas.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait