Tingkatkan Produktivitas Desa

Rabu 07-11-2018,16:40 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Bupati Lebong, H Rosjonsyah SIp MSi meminta, kepada seluruh desa selalu berupaya untuk meningkatkan produktivitas pedesaan melalui Potensi Inovasi Desa (PID).“Dengan meningkatnya produktivitas di setiap desa, maka akan meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat desa itu sendiri,” jelasnya, kemarin (6/11).

Menurut Bupati, namun dalam meningkatkan produktivitas, seluruh desa harus memiliki tumpuan. Seperti pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan. Baik itu dari pengembangan usaha masyarakat maupun usaha yang diprakarsai oleh desa melalui badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Bisa juga melalui BUMDes bersama, produk unggulan desa, maupun produk unggulan kawasan pedesaan,” ujarnya.

Selain itu, terang Bupati, juga harus melakukan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Karena hal tersebut berkaitan antara produktivitas pedesaan dengan kualitas SDM. Sehingga dapat diharapkan menjadi jangka pendek maupun jangka panjang melalui investasi di bidang pendidikan dan kesehatan dasar.

“Sehingga kita dapat merangsang kepekaan desa terhadap permasalahan krusial, terkait pendidikan dan kesehatan dasar dalam penyelenggaraan pembangunan desa,” ujarnya.

Ditambahkannya, peningkatan infrastruktur pedesaan, khususnya yang secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian desa dan memiliki dampak sosial masyarakat perdesaan.“Dengan menjalankan hal tersebut, maka saya yakin seluruh desa yang ada di Kabupaten Lebong akan menjadi desa yang maju dan dapat mensejahterakan masyarakat desa,” tutup Bupati.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait