Satgas TMMD Jadi Guru SD

Kamis 25-10-2018,12:05 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

CURUP, Bengkulu Ekspress - Kegiatan non fisik dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) bukan hanya menyasar masyarakat desa saja, namun juga menyasar para siswa sekolah dasar yang ada dilokasi pelaksanaan TMMD. Kegiatan non fisik dengan sasaran pelajar SD tersebut terlihat dari Satgas TMMD yang menjadi guru atau mengajar di SDN 83 Rejang Lebong yang ada di Desa Guru Agung Kecamatan Pada Ulak Tanding pada Rabu (24/10) kemarin.

\"Dalam kegiatan mengajar ini, kita memberikan materi kebangsaan kepada para siswa SD,\" sampai Dandim 0409/Rejang Lebong Letkol Kav Budi Wirman SSos melalui Komandan SSK TMMD ke-103 Kodim 0409/Rejang Lebong, Kapten Inf Hidarman saat mendampingi anggota Satgas mengajar di SDN 83 Rejang Lebong Rabu kemarin.

Dijelaskan Hidarman, dalam kegiatan mengajar tersebut, Satgas TMMD ke-103 Kodim 0409/Rejang Lebong memberikan materi terkait dengan pemahaman dan pengetahuan mengenai bela negara, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

\"Dengan kegiatan ini kita ingin menambahkan jiwa patriotisme dan cinta tanah air sejak dini, karena anak-anak ini nanti yang akan menjadi generasi penerus kita,\" terang Hidarman.

Menurut Hidarman dalam menyampaikan materi wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara tersebut, mereka harus menggunakan bahasa yang berbeda yang sesuai dengan usia mereka sehingga anak-anak akan lebih mudah memahami dan mencerna apa yang disampaikan Satgas TMMD,

\"Dalam menyampaikan materi kita memang menggunakan bahasa khusus anak-anak sehingga mereka bisa dengan mudah memahami apa yang kita sampaikan,\" terang Hidarman.

Kehadiran Satgas TMMD Kodim 0409/Rejang Lebong tersebut disambut baik oleh pihak SDN 83 Rejang Lebong. Hal tersebut seperti disampaikan Rande Yanto salah satu guru SDN 83 Rejang Lebong. Menurut Rande hadirnya Satgas TMMD disekolah mereka diharapkan bisa menambah pengentahuan siswa mereka terutama terkait dengan wawasan kebangsaan sehingga siswa SDN 83 Rejang Lebong semakin mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

\"Hadirnya bapak-bapak tentara yang mengajar di SD kami tentuya bernilai positif terutama menambah wawasan kebangsaan para siswa kami,\" sampai Rande.

Menurut Rande, selain memberikan materi diruang kelas, Satgas TMMD juga akan memberikan materi atau menjadi pelatih kegiatan ekstrakurikuler salah satnya yaitu latihan kepanduan yaitu Pramuka yang akan dilaksanakan disekolah mereka.

\"Selain menambah wawasan siswa, kami juga berharap hadirnya Satgas TMMD ini bisa memotivasi siswa-siswa kami untuk belajar terutama mereka yang akan bercita-cita menjadi tentara,\" demikian Rande. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait