Hibah Lahan Kejari Diminta Dipercepat

Rabu 24-10-2018,11:40 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Tim Biro Perencanaan dan Tata Laksana (Ortala) Kejaksaan Agung (Kejagung) RI melakukan audensi dan peninjauan lokasi kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu Tengah (Benteng), Selasa (23/10). Dalam kesempatan itu, Kabag Ortala Kejagung RI, Eko Siwi Iriyani SH berharap agar proses hibah lahan untuk Kejari Benteng segera dituntaskan.

\"Pada dasarnya, kami meminta agar hibah lahan dipercepat. Jika lahan belum atas nama Kejaksaan, maka usulan pembentukan satuan kerja (Satker) yakni Kejari Benteng belum bisa diajukan. Kami juga berharap lahan yang diberikan telah siap untuk dibangun dan tidak bermasalah,\" tegas Eko.

Lebih lanjut, Eko menuturkan, pembangunan kantor Kejari Benteng tak bisa dilakukan segampang membalikkan telapak tangan. Beberapa tahapan mesti dilalui secara satu-persatu. Setelah surat hibah dikantongi, Kejagung akan mengajukan agar dikeluarkannya keputusan Presiden (Kepres) mengenai rencana pembentukan organisasi baru. Setelah mendapat izin dari Presiden, langkah selanjutnya adalah mengajukan usulan ke Kementerian PAN dan RB RI terkait adanya penambahan pegawai.

\"Setelah di-acc oleh Men PAN dan RB, barulan kami bisa mengusulkan anggaran untuk pembangunan gedung Kejari Benteng,\" paparnya.

Ditanya mengenai prediksi pembangunan gedung Kejari Benteng, Eko belum bisa memberikan gambaran. Dikatakan dia, kedatangan pihaknya ke Bumi Maroba Kite Maju adalah untuk melakukan studi kelayakan guna mengumpulkan data dan cek lokasi lahan Kejari Benteng.

\"Untuk prediksi kapan terbentuknya Kejari Benteng, semua tergantung Presiden. Presiden yang tanda tangan, kita tidak bisa buru-buru,\" celetuknya.

Pantauan Bengkulu Ekspress , Kedatangan rombongan dari Kejagung didampingi tim Sekretariat Kabinet tersebut disambut hangat oleh Bupati Benteng, Dr H Ferry Ramli SH MH, Ketua dan unsur Pimpinan DPRD Kabupaten Benteng dan segenap Kepala OPD di lingkungan Pemda Benteng. Hadir pula diantaranya Wakajati Bengkulu, Kepala PN Kabupaten Bengkulu Utara, Kajari Bengkulu Utara dan Pabung Benteng.

Setelah menggelar audensi di ruang rapat Bupati Benteng, rombongan langsung meninjau lahan yang akan disiapkan sebagai kantor Kejari Benteng di Desa Taba Mutung, Kecamatan Karang Tinggi.

Sementara itu, Bupati Benteng, Dr H Ferry Ramli SH MH sangat berharap agar pembentukan Kejari Benteng segera terealisasi. Belum adanya kantor kejaksaan, membuat Pemda Benteng serta masyarakat kesulitan untuk berkoordinasi. Mendukung wacana itu, Pemda Benteng akan menyiapkan lahan strategis dan berlokasi di tepi jalan lintas Kota Bengkulu-Kabupaten Kepahiang.

\"Kami berharap, pembangunan kantor Kejari Benteng jangan sampai batal. Sebab, banyak sekali urusan dengan Kejaksaan. Saat ini, jarak tempuh menjadi kendala, sebab wilayah Kabupaten Benteng masih berkoordinasi dengan Kejari Bengkulu yang lokasinya cukup jauh. Sebab itu, secepatnya hibah lahan akan kami proses,\" demikian Bupati.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait