2019, PPI Beroperasi

Selasa 23-10-2018,10:34 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

SELUMA SELATAN, Bengkulu Ekspress - Usai dilakukan pembangunan secara bertahap. Nelayan yang berada di Pasar Seluma, akan merasakan manfaat Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan. PPI ini sudah bisa dipergunakan atau dioperasikan pada 2019.

\"Tahun depan sudah bisa dipergunakan. Tahun ini masih menyelesaikan pembangunan dengan dana Rp 300 juta, alur masuk kapal Rp 200 juta, kantor, jalan dan lahan parkir dengan anggaran dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Seluma dan DAK 2018,\" tutur Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan(KKP) M Zaili MPd melalui Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan Kabupaten Seluma Ali Sedikin kepada Bengkulu Ekspress.

Disampaikan, PPI Pasar Seluma sangatlah potensial. Hanya saja, saat ini hanya bisa dilalui kapal nelayan yang kecil. Kapal besar kapasitas mesin 5 Gross Ton (GT) belum bisa masuk. Karena masih terkendala alur masuk yang dangkal. Termasuk juga muara sungai dan pantai yang ada merupakan bagian dari kawasan cagar alam.

\"Untuk sementara memang kapal berukuran kecil saja. Untuk kapal besar kita tidak bisa menjamin. Terkecuali ada izin untuk pengerukan alur muara sungai,\" ujar Ali.

Sekalipun demikian, KKP Seluma tetap berkoordinasi dan berkonsultasi terlebih dahulu ke pihak terkait. Mengingat, membangun di kawasan CA tidaklah mudah dan harus memiliki izin dari kementerian dengan dasar pengalihan Cagar Alam (CA) menjadi Taman Wisata Alam (TWA). Itupun harus dibantu koordinasi dari Pemda Seluma. (333).

Tags :
Kategori :

Terkait