Syarat Akta IV CPNS Kemenag Ditiadakan

Jumat 19-10-2018,09:17 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

Pelamar Luar daerah Wajib Datang

BENGKULU, Bengkulu Ekspress-Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu akhirnya menghapus syarat akta IV bagi pelamar guru. Sehingga masyarakat yang ingin mendaftarkan CPNS di Kanwil Kemenag formasi guru tak memiliki kendala lagi. Hal ini diungkapkan Kepala Kantor wilayah kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Drs. H Bustasar MS M.Pd melalui kasubag Kepegawaian, Iba Hartono, kemarin (18/10). \" Ya, kita ikuti perintah pusat aja, \" tulis

Dengan dihapusnya syarat Akta IV ini disambut gembira oleh pelamar CPNS di Kanwil Kemenag. sehingga mereka memiliki kesempatan untuk bersaing dengan peserta lainnya.  Namun, lokasi tes CPNS, hingga saat ini jajaran kantor wilayah kementerian Agama Provinsi Bengkulu belum menetapkan lokasi tes CPNS. Penetapan lokasi tes CAT (Computer Assisted Test) masih menunggu keputusan dan petunjuk dari kementerian Agama RI. \"Sebenarnya pelaksanaan CPNS ini Kemenag RI sudah ada MoU dengan BKN, hanya saja untuk pelaksanaan di daerah masih menunggu petunjuk pusat, \" ungkapnya.

Dikatakanya, dalam perjanjian itu instansi vertikal seperti Kemenag diprediksi akan dilaksanakan pada UPT BKN di daerah, tapi sejauh ini kemenag belum melakukan koordinasi dengan BKN di provinsi. \"Dari peninjauan yang kita lakukan di BKN provinsi disana tersedia hanya tersedia dua ruang dan masih terkendala sarana dan prasarana komputer yang masih minim,\" katanya.

Dengan jumlah pendaftar Kanwil kemenag saat ini tercatat 3009 pendaftar online, maka akan diverifikasi terlebih dulu. Dan apakah tetap dilaksanakan UPT BKN atau bisa dilaksanakan tes ditempat lain. \"Baru-baru ini, UPT BKN sudah meminta bantuan ke kita untuk peminjaman sarana dan prasarana seperti moubeler, namun belum diberi jawaban, \" tuturnya.

Panitia kata Iba masih terus melakukan verifikasi berkas dan hari ini (19/10) merupakan hari terakhir penerimaan berkas. Dari 3009 pendaftar online, sudah 2743 berkas yang sudah terverifikasi, diketahui 24 berkas batal karena tidak menyertakan nama dan berkas, kemudian salah memilih formasi, misal perempuan memilih formasi sebagai penghulu.

Dari formasi yang dibuka, diketahui satu formasi nihil peserta yaitu formasi guru kriya. Setelah lulus administrasi, tahap selanjutnya panitia akan mengunggah nama-nama pelamar di portal Sscn bkn.go,id disana. Selanjutnya, selain lokasi kita juga akan mengumumkan bagaimana tehnis pengambilan nomor peserta ujian tes CAT.

Banyak Pelamar Pemprov dari Luar

Sementara itu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu sudah menerima 5.840 berkas pendaftaran CPNS tahun 2018, untuk kuota Pemerintah Provinsi (Pemprov). Dari sebanyak berkas itu, ternyata pendaftar dari luar Provinsi Bengkulu banyak sekali. Terhitung ada lebih dari 100 orang pendaftar dari luar provinsi.

Kepala BKD Provinsi Bengkulu, Ir Diah Irianti MSi mengatakan, pendaftar dari luar provinsi paling jauh itu di Provinsi Sulawesi. Tidak hanya itu dari wialyah Kalimantan, Jawa juga banyak mendaftar. Untuk itu, saat tes CPNS melalui CAT nanti, maka semua perserta harus datang ke UPT BKN Bengkulu. Jika tidak datang dari luar provinsi itu, maka dipastikan akan secara otomatis digugurkan. \"Ya wajib datang. Mau dari manapun yang daftar wajib datang ke Be ngkulu. Karena tesnya itu di Bengkulu tidak bisa dari mana-mana,\" ujar Diah kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (18/10).

Menurut Diah, tempat tes CPNS itu telah ditentukan oleh KemenPAN-RB. Untuk pemprov sendiri, tes CPNS nya ada di UPT BKN. Sementara di wilayah kabupaten menggunakan lokasi tempat UNBK. \"Jadi memang lokasinya berbeda-beda,\" tambahnya.

Untuk itu, bagi pendaftar dari luar provinsi, sebelum hari tes CPNS, maka sudah bisa datang terlebih dahulu ke Provinsi Bengkulu. Sehingga nantinya tidak ketinggalan waktu tes CPNS. \"Silahkan persiapkan diri dari sekarang,\" imbuh Diah.

Menurut Diah, saat ini BKD masih terus melakukan verifikasi berkas pendaftaran. Sebab, pada tanggal 21 Oktober mendatang, BKD akan mengumumkan pendaftar yang lulus verifikasi administrasi. Pengumuman nantinya akan menggunakan papan mengumuman di BKD Provinsi. Setelah diumumkan, maka BKD akan memberikan laporan ke BKN agar nomor peserta CPNS bisa dikeluarkan. Kerena ketika nomor peserta CPNS itu tidak ada maka, tes CPNS tidak bisa diikuti oleh para peserta. \"Nanti kita sampaikan nomor urut pesertanya dan nomor urut perserta itu wajib dibawa nanti,\" tutupnya. (151/247)

Tags :
Kategori :

Terkait