Pengunjung Bukit Kaba Capai 22 Ribu

Kamis 18-10-2018,14:00 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

CURUP, Bengkulu Ekspress - Jumlah pengunjung Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kaba setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Bahkan untuk tahun 2018 ini sendiri hingga bulan September kemarin, sudah mencapai 22 ribu orang.

\"Hingga bulan September kemarin, jumlah pengunjung TWA Bukit kaba sudah mencapai 22 ribu orang,\" sampai Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) TWA Bukit Kawab, Sigit Pribadi SH saat ditemui di Kantor Konservasi Wilayah I BKSDA Bengkulu Rabu (17/10) kemarin.

Dijelaskan Sigit, jumlah tersebut akan terus bertambah, karena saat ini hampir setiap akhir pekan kawasan TWA Bukit Kaba ramai dikunjungi para pendaki baik yang menginap diatas bukit kaba atau hanya sekedar hiking.Sementara itu, dari 22 ribu pengunjung TWA Bukit Kaba selama tahun 2018 ini, jumlah retribusi yang sudah mereka ambil dari para pengunjung tersebut mencapai Rp 70 juta. \"Untuk jumlah retribusinya, hingga saat ini sudah mencapai Rp 70 juta,\" tambah Sigit.

Dalam pengelolaan TWA Bukit Kaba sendiri, menurut Sigit pihaknya bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang Lebong yang merupakan pintu masuk kawasan TWA Bukit Kaba.

Di sisi lain, untuk meningkatkan minat pengunjung TWA Bukit Kaba, dalam waktu dekat ini BKSDA Bengkulu akan menggelar kegiatan Festival Bukit Kaba. Dimana dalam kegiatan tersebut ada empat event yang dilaksanakan oleh BKSDA Bengkulu.

Empat event yang dilaksanakan dalam Festival Bukit Kaba tersebut yaitu pemilihan duta Bukit Kaba, lomba lintas alam, lomba fotografi dan pagelaran seni budaya. Untuk pemilihan duta Bukit Kaba pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 22-28 Oktober, sedangkan untuk lomba lintas alam pelaksanaanya akan dilaksanakan pada 17 November mendatang dan untuk pendaftaran dimulai dari tanggal 10 Oktober sampai 10 November mendatang.

\"Untuk lomba lintas alam kita batasi untuk 25 regu saja,\" jelasnya.

Selanjutnya untuk lomba fotografi dilaksanakan mulai tanggal 10 sampai 31 Oktober ini dengan dengan tema potensi TWA Bukit Kaba. Sedangkan untuk pagelaran budaya akan mereka laksanakan pada 17 November mendatang sebagai puncak dari kegiatan Festival Bukit Kaba tahun 2018 ini. Untuk pagelaran budaya mereka akan melibatkan sejumlah sekolah dan akan dilaksanakan di pintu masuk TWA Bukit Kaba.

\"dengan adanya kegiatan ini kita berharap kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian TWA Bukit Kaba semakin meningkat, kemudian pengunjung wisata ke TWA Bukit Kaba juga mengalami peningkatan,\" harap Sigit.Disisi lain, dalam upaya meningkatkan kunjungan ke TWA Bukit Kaba, BKSDA Bengkulu telah melakukan sejumlah pembangunan fasilitas dikawasan TWA Bukit Kaba. Sejumlah fasilitas yang telah mereka bangun tersebut seperti MCK, pusat informasi dan giant tex yang bertulisan Taman Wisata Alam Bukit Kaba yang mereka pasang dipuncak Bukit Kaba.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait